BolaSkor.com - Awan hitam menyelimuti dunia olahraga pada 2020. Pandemi virus corona yang menerpa menghadirkan banyak tangisan dan kesulitan kepada setiap insan yang terlibat. Kendati demikian, dunia sepak bola, khususnya internasional, melakukan berbagai cara agar roda kompetisi tetap berputar

Roda kompetisi itu dibagi menjadi dua musim pada paruh musim 2019-2020 dan juga awal musim 2020-2021. Selama setahun wabah virus yang beken dengan nama Covid-19 menghantui dunia dan sampai akhir tahun 2020 virus itu belum berakhir - bahkan kabarnya bermutasi di Inggris.

Turnamen-turnamen yang sedianya berlangsung pada 2020 ditunda mulai dari Piala Eropa, Copa America, sampai turnamen pramusim seperti International Champions Cup dan Piala Dunia Antar Klub.

Baca Juga:

Hasil Laga-laga Liga Eropa: Tim Ronaldo Merana, Klub Messi Bahagia

Trengginas di Man United, Bruno Fernandes Samai Torehan Cristiano Ronaldo

Tutup 2020 dengan Kekalahan, Juventus Terlalu Bergantung Cristiano Ronaldo

Dalam edisi terkini BolaSkor.com akan menjabarkan event-event seru yang terjadi dari bulan Januari hingga Desember 2020 dalam tema kaleidoskop sepak bola internasional 2020. Berikut penjabaran lengkapnya:

Januari 2020:

Zlatan Ibrahimovic gabung AC Milan

Pada awal tahun, kabar gembira datang dari AC Milan. Rossoneri memulangkan Zlatan Ibrahimovic yang habis masa kontraknya bersama LA Galaxy. Meski sempat diragukan, saat ini Ibra membuktikan masih bisa memberikan dampak besar bagi Rossoneri.

Masih pada Januari, Barcelona memecat sang pelatih, Ernesto Valverde. Rangkaian hasil negatif dan konflik internal diyakini menjadi penyebab.

Barcelona tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan pengganti. El Barca menunjuk mantan juru taktik Real Betis, Quique Setien, menukangi Lionel Messi dan kawan-kawan.

Pada akhir Januari, Manchester United mewujudkan mimpi mendapatkan servis gelandang Sporting CP, Bruno Fernandes. The Red Devils mengucurkan dana 55 juta euro untuk mendapatkan pemain asal Portugal tersebut. Nilai bisa bertambah karena ada sejumlah klausul bonus.

Bruno Fernandes gabung Manchester United

Tak hanya Fernandes, Man United juga memboyong Odion Ighalo. Sang striker datang dari klub asal China, Shanghai Shenhua, dengan status pinjaman. Pada bulan Januari ini pemberitaan sepenuhnya ada pada bursa transfer musim dingin.

Februari 2020:

Zlatan Ibrahimovic berkuasa di Derby della Madoninna

Beralih ke Februari, tersaji duel derby della Madonnina yang mempertemukan Inter Milan melawan AC Milan. Pertandingan tersebut dimenangi Inter dengan skor 4-2.

Rossoneri unggul dua gol tanpa balas usai Ante Rebic dan Zlatan Ibrahimovic mendulang gol. Akan tetapi, Inter Milan memperbaiki keadaan dan tancap gas pada 45 menit kedua. La Beneamata mengkreasikan empat gol dan menutup laga dengan keunggulan 4-2.

Maret 2020:

Selebrasi Real Madrid

Pada awal Maret juga tersaji laga yang tak kalah menarik. Real Madrid menjamu Barcelona pada pertandingan lanjutan LaLiga 2019-2020, di Santiago Bernabeu.

Madrid menutup pertandingan dengan skor 2-0. Dua gol El Real dicetak Vinicius Junior (71') dan Mariano (90+2'). Hasil tersebut berkontribusi besar di balik gelar juara yang diraih.

Pada Maret, pandemi virus corona mulai menyerang dunia sepak bola internasional. Sejumlah liga mulai ditunda. Sementara itu, beberapa laga yang tetap sesuai jadwal dilangsungkan tanpa kehadiran penonton.

Kebijakan tersebut tak terkecuali terjadi di Liga Champions. Beberapa pertandingan terpaksa tanpa penonton karena pihak kesehatan setempat mengeluarkan larangan. Ketika itu, Liga Champions sedang memasuki babak 16 besar.

Berita pemain terpapar virus corona pun mulai bermunculan. Dari Italia, satu di antara pemain yang mengumumkan diri pertama kali adalah bek Juventus, Daniel Rugani.

Setelah itu, pandemi mulai berbuntut panjang. Beberapa klub yang mengalami kerugian mulai memangkas gaji pemain dan staf.

April 2020:

PSG juara Ligue 1 2019-2020

Pada akhir April, Ligue 1 yang menilai kompetisi tidak bisa dilanjutkan menunjuk Paris Saint-Germain sebagai juara musim 2019-2020. Pada saat itu, Kylian Mbappe dan kawan-kawan unggul 12 poin dari Olympique Marseille yang berada pada posisi kedua.