BolaSkor.com – Pandemi virus corona masih mewabah di dunia pada 2021. Dunia sepak bola, selayaknya memulai kembali ‘new normal’, telah beradaptasi dari tahun sebelumnya dan mulai menjalani aktivitas sepak bola senormal mungkin meski masih ada virus corona – plus varian baru bernama Omicron.

Penonton yang dilarang hadir ke stadion pada musim 2020-2021 telah kembali memenuhi stadion pada musim 2021-2022. Atmosfer laga di liga-liga top Eropa kembali, ekonomi mulai pulih kembali, kendati jelang akhir 2021 virus kembali mengganas dan memaksa di beberapa laga dilangsungkan tanpa penonton.

2021 diwarnai banyak events menarik dari turnamen-turnamen besar yang berlangsung seperti Piala Eropa 2020, Copa America, serta bursa transfer kala 2021 diingat sebagai momen bersejarah kepergian Lionel Messi dari Barcelona, plus transfer sang rival Cristiano Ronaldo.

Baca Juga:

Kaleidoskop Sepak Bola Internasional 2020

Kaleidoskop Olahraga 2020 dalam Tiga Babak

Kaleidoskop Sepak Bola Nasional 2020

BolaSkor.com telah menyiapkan linimasa dari Januari hingga Desember 2021 mengenai kejadian-kejadian menarik di sepak bola internasional. Berikut uraian lengkapnya:

Januari 2021

Manchester City Bungkam Manchester United di Semifinal Piala Liga Inggris

Manchester City kembali ke final Piala Liga Inggris untuk mencoba mempertahankan status sebagai juara bertahan. The Citizens menyingkirkan rival sekota, Manchester United, pada semifinal yang berlangsung di Old Trafford, Kamis (7/1) dini hari WIB dengan skor 2-0.

Gol pertama Man City dicetak John Stones pada menit ke-50. Sundulan sang bek membuat Dean Henderson tak berkutik.

Berikutnya, giliran Fernandinho yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-83. Sang gelandang menyambar bola hasil sapuan Aaron Wan-Bissaka.

Zlatan Ibrahimovic Vs Romelu Lukaku

AC Milan tersingkir dari Coppa Italia usai kalah 2-1 ketika melawan Inter Milan pada laga perempat final, di Giuseppe Meazza, Rabu (27/1) dini hari WIB. Laga berlangsung dengan tensi tinggi. Zlatan Ibrahimovic terlibat adu bacot dengan Romelu Lukaku.

Milan sempat unggul terlebih dahulu melalui Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-31. Sayangnya, Ibra mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-58 usai melanggar Alexandar Kolarov. Sebelumnya, sang striker sudah menerima kartu kuning pertama usai adu bacot dengan Romelu Lukaku.

Inter Milan menyamakan kedudukan pada menit ke-71 lewat penalti Romelu Lukaku. Kemudian, tendangan bebas Christian Eriksen jelang akhir pertandingan memastikan Nerazzurri melaju ke semifinal.

Inter Menang Derby d'Italia

Inter Milan menekuk Juventus 2-0 pada pertandingan lanjutan Serie A 2020-2021, di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (18/1) dini hari WIB. Gol Nerazzurri dicetak Arturo Vidal dan Nicolo Barella.

Itu merupakan kemenangan kedua Inter Milan dalam 11 pertandingan terakhir di kandang melawan Juventus. Hasil tersebut juga membuat Inter terus melaju di puncak klasemen Serie A.

Februari 2021

Liverpool 1-4 Manchester City

Liverpool ditekuk Manchester City 4-1 pada pertandingan lanjutan Premier League 2020-2021, di Stadion Anfield, Minggu (7/2). Saat itu, kedua tim sedang bersaing di papan atas.

Pada awal babak kedua atau lebih tepatnya menit ke-49, Manchester City akhirnya membuka keunggulan. Ilkay Gundogan menyambar bola liar hasil tendangan Phil Foden.

Ruben Dias melakukan pelanggaran kepada Salah di area penalti. Salah yang maju sebagai algojo melepaskan tembakan keras di tengah gawang yang tak bisa dimentahkan Ederson. Skor menjadi 1-1.

Namun, Man City kembali tancap gas dengan mencetak tiga gol yang masing-masing dikreasikan Gundogan, Raheem Sterling, dan Phil Foden.

Bayern Juara Piala Dunia Antarklub 2020

Bayern Munchen keluar sebagai juara Piala Dunia Antarklub 2020. Kepastian itu didapat usai mengalahkan Tigres UANL pada laga final.

Dalam laga yang berlangsung di Education Stadium, Jumat (12/2) dini hari WIB, Bayern Munchen menang dengan skor tipis 1-0. Benjamin Pavard menjadi pahlawan kemenangan Die Roten.

Dengan begitu, Bayern Munchen sudah dua kali menjuarai Piala Dunia Antarklub. Pada final 2013, Die Roten mengalahkan Raja Casablanca yang merupakan wakil dari Afrika.

Inter Bungkam Milan

Inter Milan menegaskan diri sebagai tim terbaik di kota Milan setelah mengalahkan AC Milan 3-0, di San Siro, Minggu (21/2). Dua gol Lautaro Martinez (5', 57') dan aksi individu Romelu Lukaku (66') tidak bisa dibalas Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan.

Dengan kemenangan tersebut Inter Milan nyaman di puncak klasemen setelah unggul empat poin dari peringkat kedua, AC Milan. Inter juga baru dua kali kalah hingga laga tersebut.

Maret 2021

Babak Perempat Final Liga Champions

Chelsea dan Bayern Munchen menjadi dua klub terakhir yang memastikan tempat di babak perempat final Liga Champions 2020-2021. Pada babak 16 besar, Chelsea menumbangkan Atletico Madrid, sedangkan Bayern menumpas Lazio.

Bayern dan Chelsea menemani enam klub lainnya yakni Porto, Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, Liverpool, Manchester City, dan Real Madrid.

Manchester United Singkirkan Milan di Liga Europa

Manchester United menyingkirkan AC Milan setelah menang 1-0 di San Siro. Pada laga pertama, kedua tim bermain sama kuat 1-1.

Gol Manchester United dicetak pemain pengganti, Paul Pogba, pada menit ke-48. Dari sudut sempit, mantan pemain Juventus itu membobol gawang Rossoneri yang dijaga Gianluigi Donnarumma.

Sergio Aguero Meninggalkan Manchester City

Masa depan Sergio Aguero akhirnya terjawab. Penyerang asal Argentina itu akan berpisah dengan Manchester City pada akhir musim.

Sebelumnya, perpanjangan kontrak Aguero di Manchester City tidak menemui titik temu. The Citizens dikabarkan tidak terlalu berhasrat mempertahankan sang striker. Usia yang sudah senja dan kemampuan yang mulai menurun diyakini menjadi penyebab.

Dalam kisah berikutnya, Aguero memilih berlabuh ke Barcelona. Namun, masalah jantung membuatnya harus gantung sepatu.

April 2021

Real Madrid Dobel Menang di El Clasico

Real Madrid mendapatkan kemenangan penting setelah menundukkan Barcelona 2-1 pada pertandingan lanjutan LaLiga 2020-2021, di Stadion Alfredo Di Stefano, Minggu (11/4) dini hari WIB. Itu merupakan kemenangan kedua Madrid atas Blaugrana pada musim ini.

El Real sudah memimpin 1-0 ketika pertandingan baru berjalan 13 menit. Gol bermula dari umpan silang Lucas Vazquez yang diselesaikan dengan dingin oleh Karim Benzema.

Madrid semakin di atas angin setelah Kroos mencetak gol melalui tendangan bebas pada menit ke-28. Barisan pagar hidup Barcelona tidak mampu membendung tembakan sang gelandang.

Harapan Barcelona kembali hidup setelah Mingueza mencetak gol pada menit ke-60. Sang pemain muda menyambar umpan Jordi Alba. Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang.

Barcelona Juara Copa del Rey

Barcelona meraih gelar Copa del Rey ke-31 usai menumbangkan Athletic Bilbao 4-0 pada laga final, di Estadio de La Cartuja, Minggu (18/4) dini hari WIB. Kemenangan Barca itu menghadirkan sejumlah statistik menarik.

Keempat gol Blaugrana dicetak Antoine Griezmann (60'), Frenkie de Jong (63'), dan Lionel Messi (68', 72'). Sementara itu, tujuh tembakan Bilbao tidak ada yang masuk ke dalam gawang.

Lahirnya Liga Super Eropa

Sebanyak 12 klub papan atas Eropa yakni Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan menggagas sebuah kompetisi baru bernama Liga Super Eropa.

Liga Super Eropa memungkinkan para pesertanya mendapatkan uang lebih banyak dari yang selama ini diterima saat mengikuti Liga Champions atau Liga Europa.

Namun, rencana tersebut mendapatkan larangan keras dari UEFA. Bahkan, sederet sanksi sudah disiapkan bagi para klub dan pemain yang melanggar.
Liga Super Eropa pun layu sebelum berkembang. Berawal dari mundurnya sejumlah klub Inggris, anggota lainnya pun mengikuti. Kini tinggal tersisa Real Madrid, Barcelona, dan Juventus.