BolaSkor.com - Pergantian tahun sudah di depan mata. Tahun 2019 akan meninggalkan kita semua dan 2020, sebuah dekade yang baru akan segera datang. Melihat kilas balik sepanjang perjalanan sepak bola internasional di 2019 terbilang penuh warna.

Kali ini, edisi napak tilas sepak bola dunia akan dimulai dari Juli hingga September 2019. Empat bulan itu menjadi periode menjelang dibukanya musim musim 2019-20 di liga-liga top Eropa dan dua turnamen besar pada Juli 2019.

Baca juga:

Manchester United Tak Tahu Cara Meraih Kemenangan Ketika Mendominasi Penguasaan Bola

Ketika David De Gea Tertular 'Virus Loris Karius'

3 Destinasi Favorit Klub Bundesliga pada Liburan Musim Dingin

Pada periode ini Brasil menjadi kampiun Copa America 2019 dan Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia Sepak Bola Putri 2019. Berikut momen-momen yang menonjol di antaranya.


Juli 2019

Brasil Juara Copa America untuk Kali Pertama Sejak 2007

Tuan rumah Copa America 2019, timnas Brasil, keluar sebagai juara turnamen melalui kemenangan meyakinkan atas Peru di final yang berlangsung di Estadio Maracana, Senin (8/7) dini hari WIB. Tidak tanggung-tanggung, Brasil menang 3-1. Bagi Brasil ini adalah pertama kalinya mereka menjadi kampiun di ajang ini sejak 2017.

Namun untuk menuju semifinal, langkah Brasil diwarnai kontroversi saat mengyingkirkan Argentina di semifinal. Dalam laga dipimpin oleh wasit asal Ekuador, Roddy Zambrano, dituding berat sebelah oleh pihak Argentina.

Kapten Argentina, Lionel Messi, terang-terangan menuding wasit cenderung berpihak kepada Brasil melalui keputusan-keputusan yang dibuatnya.


Paul Pogba Menyatakan Ingin Hengkang dari Manchester United

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, dikabarkan sudah tidak sabar angkat kaki dari Old Trafford. Pemain tim nasional Prancis tersebut akan meminta bantuan sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer, untuk mencari jalan keluar.

Paul Pogba sudah menegaskan tidak ingin melanjutkan karier di Manchester United. Dalam sebuah wawancara, pemain 26 tahun itu mengatakan ingin mendapatkan tantangan baru di klub lain. Pogba merasa, sudah cukup membela panji The Red Devils.

Akan tetapi, Manchester United punya pemikiran yang berbeda. Petinggi The Red Devils, Ed Woodward, melakukan segala cara agar Paul Pogba bisa bertahan.

Paul Pogba mulai frustrasi dengan situasi tersebut. Dia berencana menemui Solskjaer untuk meminta bantuan agar bisa hengkang. Pogba berharap, keputusan The Red Devils bisa berubah ketika Solskjaer ikut campur.


Amerika Serikat Juara Piala Dunia Putri 2019

Amerika Serikat berhasil menjuarai Piala Dunia Wanita 2019. Pada partai final, Alex Morgan dan kawan-kawan menang 2-0 atas Belanda, Minggu (7/7) malam WIB.

Dengan keberhasilan ini, Amerika Serikat sudah empat kali menjadi juara Piala Dunia Wanita. Terakhir kali Paman Sam mengangkat trofi Piala Dunia Wanita di tahun 2015.

Amerika Serikat menjadi juara dengan predikat sempurna. Mereka selalu menang selama berlaga di Piala Dunia Wanita 2019 yang digelar di Prancis.


Frank Lampard Resmi Jadi Manajer Chelsea

Pada 4 Juli 2019 Chelsea menunjuk Frank Lampard sebagai manajer. Pengumuman tersebut sekaligus menandai kembalinya sang legenda ke Stamford Bridge.

Frank Lampard memiliki sejarah dengan Chelsea semasa masih bermain. Lampard membela klub asal London tersebut selama periode 2001 hingga 2014.

Chelsea mendatangkan Frank Lampard dari West Ham pada 2001. Setelah itu, keponakan Harry Redknapp tersebut hengkang ke Manchester City sebelum mengakhiri karier bersama New York City.

Setelah pensiun, Frank Lampard sempat menangani Derby County. Hanya satu musim melatih The Rams, Lampard langsung ditunjuk sebagai manajer Chelsea menggantikan Maurizio Sarri


Barcelona Dapatkan Antoine Griezmann, Atletico Gaet Joao Felix

Barcelona akhirnya mengumumkan mereka resmi menggaet Antoine Griezmann dari Atletico Madrid, Jumat (12/7) malam WIB. Penyerang 28 tahun itu pindah usai ditebus klausul rilisnya sebesar 120 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun.

Lewat situs resminya, Barcelona mengumumkan sudah menyelesaikan negosiasi dan sang bintang Prancis itu langsung diikat dengan kontrak selama lima tahun ke depan hingga 2024.

Atletico Madrid telah resmi mendatangkan striker muda berusia 19 tahun asal Portugal dan Benfica, Joao Felix.

Jebolan akademi FC Porto dibeli Atletico dengan nilai yang fantastis, 126 juta euro (Rp 2,028 triliun) dan menjadikannya pemain keempat termahal dunia.