BolaSkor.com - Tahun 2019 akan meninggalkan kita semua dalam hitungan hari. Begitu banyak momen-momen yang terjadi sepanjang 12 bulan terakhir di tahun 2019, baik itu momen berharga, kenangan indah, atau pahit bagi sejumlah kalangan tertentu.

Dalam edisi terkini, BolaSkor.com akan fokus membahas tiga bulan terakhir dalam kalender tahunan, yakni dari bulan Oktober hingga Desember 2019.

Oktober hingga Desember, dalam kalender sepak bola Eropa, merupakan periode awal musim di kompetisi liga hingga turnamen antarklub Eropa. Tapi, ada juga kejadian-kejadian lainnya yang tidak melulu membahas persaingan kompetisi liga atau turnamen.

Baca Juga:

Menangi Ballon d'Or Keenam atas Ronaldo, Messi Ingin Nikmati Bermain di Penghujung Karier

Liverpool 1-0 Flamengo: The Reds Juara Piala Dunia Antarklub 2019

Juventus 1-3 Lazio: Deja Vu Bianconeri, Aquile Juara Piala Super Italia

Berikut rangkuman lengkap momen-momen yang terjadi pada medio Oktober hingga Desember 2019 dalam kaleidoskop sepak bola Internasional:

Oktober

Sepatu Emas Eropa Keenam Lionel Messi

Lionel Messi

36 gol di LaLiga musim 2018-19 membawa megabintang Barcelona, Lionel Messi, meraih penghargaan Sepatu Emas Eropa (penghargaan untuk top skor Eropa) untuk kali keenam. Itu menjadikannya pemain pertama yang memenangi Sepatu Emas Eropa selama tiga tahun berturut-turut.

Oktober 2019 semakin bertambah spesial bagi Messi karena dia melewati rekor rivalnya, Cristiano Ronaldo, melalui torehan 608 gol pada level klub (Ronaldo 606 gol). Messi menorehkannya ketika mencetak dua gol saat Barcelona menang 5-1 atas Real Valladolid di LaLiga.

North West Derby

Manchester United vs Liverpool

Manchester United menjamu rival bebuyutan, Liverpool, di Old Trafford pada 20 Oktober 2019. The Red Devils gagal menodai rekor sempurna Liverpool dan harus puas bermain imbang 1-1 melalui gol Marcus Rashford yang dibalas Adam Lallana jelang laga bubar.

Tottenham Hotspur 2-7 Bayern Munchen

Serge Gnabry

Awal Oktober yang kelam untuk Tottenham Hotspur. Bermain di Tottenham Hotspur Stadium melawan Bayern Munchen di laga dua grup B Liga Champions, 2 Oktober 2019, Tottenham dilumat tujuh gol oleh Bayern dan hanya bisa mencetak dua gol.

Serge Gnabry, eks Arsenal, menjadi bintang laga dengan empat golnya yang diikuti dua gol Robert Lewandowski dan Joshua Kimmich. Tottenham hanya bisa membalas dua gol dari gol Son Heung-min dan Harry Kane. Kekalahan itu semakin memberikan sorotan kepada Mauricio Pochettino, manajer Spurs.

Bastian Schweinsteiger Pensiun

Bastian Schweinsteiger

18 tahun karier Bastian Schweinsteiger berakhir pada Oktober 2019. Juara Piala Dunia 2014 dengan timnas Jerman memutuskan pensiun saat ia membela Chicago Fire.

Sebelum di Chicago Fire, Schweinsteiger membela Bayern Munchen dari akademi ke tim utama (1998-2015) dan Manchester United (2015-2017). Schweinsteiger mengemas 121 caps dan 24 gol dengan timnas Jerman.

Pemecatan Marco Giampaolo dan Pelatih Lainnya

Marco Giampaolo

Klub-klub Eropa tidak ragu mengambil keputusan dengan tegas untuk memecat pelatih, meski pun itu di awal musim. Performa jadi tolok ukur dan beberapa pelatih harus menerima fakta pahit berupa palu pemecatan.

Eusebio Di Francesco (Sampdoria), Slyvinho (Olympique Lyonnais), David Gallego (Espanyol), dipecat di bulan Oktober. Selain mereka, nama yang mencolok adalah Marco Giampaolo yang baru ditunjuk AC Milan melatih klub menggantikan Gennaro Gattuso.

Rossoneri langsung memecat eks pelatih Sampdoria setelah melalui serangkaian hasil buruk dan digantikan dengan Stefano Pioli.

Juventus Kalahkan Inter Milan

Juventus vs Inter Milan

Juara bertahan Serie A delapan kali beruntun, Juventus, menodai rekor sempurna Inter Milan besutan Antonio Conte di Giuseppe Meazza. Inter mencetak gol dari Lautaro Martinez dan dua gol Juve dicetak Paulo Dybala serta Gonzalo Higuain. Derby d'Italia berakhir 2-1 untuk kemenangan Bianconeri.

Bulan Berharga Granada

Barcelona kalah dari Granada

Klub kecil dari Andalusia mampu mengejutkan pentas persaingan LaLiga pada awal musim 2019-20. Pasca mengalahkan Barcelona, juara bertahan, dengan skor 2-0 pada bulan September, Granada bercokol di puncak klasemen.

Berkat tertundanya El Clasico, Granada, yang baru promosi ke LaLiga, untuk kali pertama menduduki puncak klasemen dengan raihan 20 poin dari 10 laga. Kenangan itu jelas tidak akan dilupakan fans dari tim yang hanya menargetkan aman dari zona degradasi.

Nasib Malang Hugo Lloris

Hugo Lloris

Sudah jatuh tertimpa tangga. Pasrah melihat Tottenham kesulitan tampil bagus di awal musim, Hugo Lloris juga cedera parah pada siku kirinya kala bertanding melawan Brighton & Hove Albion. Tahun 2019 pun berakhir cepat bagi sang kapten yang kini digantikan oleh Paulo Gazzaniga di Tottenham.

Rekor Dunia Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold

Berkat 12 assists-nya di Premier League 2018-19, Trent Alexander-Arnold memecahkan rekor dunia Guinness. Bek kanan berusia 21 tahun mengalahkan rekor 11 assists dua mantan pemain Everton, Andy Hinchcliffe (1994-95) dan Leighton Baines (2010-11).