BolaSkor.com - Tahun 2020 segera berakhir. Banyak hal terjadi termasuk di sepak bola Indonesia. Mulai terkait PSSI terutama pengurusnya, penyelenggaraan liga, hingga kiprah tim nasional Indonesia.

BolaSkor.com mengajak untuk mengingat kembali kejadian atau peristiwa yang terjadi. Apa saja?

Baca Juga:

INAF, Duta Piala Dunia U-20 yang Membanggakan Indonesia di Tengah Keterbatasan

Marc Klok, Perjuangan buat Indonesia Sehat dan Sejahtera

Januari 2020:

1. Shin Tae-yong Pimpin TC Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19/U-20 memulai latihan perdana di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1). Pemusatan latihan (TC) ini merupakan rangkaian persiapan Timnas Indonesia U-19 untuk menyambut Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Terlihat seluruh jajaran pelatih Timnas Indonesia hadir untuk melihat perkembangan para pemain. Shin Tae-yong, Indra Sjafri, Nova Arianto, Kim Hae-woon, Gong Oh-kyun, hingga pelatih fisik Lee Jae-hong.

“Untuk melihat kemampuan pemain saya baru akan lihat hari ini, kemarin hanya mengembalikan kondisi pemain saja,” kata Shin Tae-yong usai memimpin latihan perdana Timnas Indonesia U-19.

“Terkait dengan kemampuan pemain, jujur saya belum tahu apa-apa tentang pemain Indonesia. Nantinya akan meeting banyak dengan staf kepelatihan dari Korea Selatan juga staf dari coach Indra, dan coach Nova setelah meeting akan seleksi 30 pemain nanti,” tambahnya.

TC Timnas Indonesia U-19. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

2. Lanjutan TC Timnas Indonesia U-19 di Thailand

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, beserta jajaran staf kepelatihan menentukan 28 pemain yang lolos seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-19/U-20.

28 pemain tersebut mengikuti pemusatan latihan (TC) di Thailand, 20 Januari mendatang. Sejumlah agenda uji coba direncanakan untuk Timnas Indonesia U-19 di Negeri Gajah Putih.

TC Timnas Indonesia di Thailand. (PSSI)

Februari 2020:

1. Timnas Indonesia Senior Lakukan TC

Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan, menyambut laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Training Camp (TC) akan digelar pada 9-17 Februari di Jakarta.

Sebanyak 34 pemain akan dipanggil oleh Shin Tae-yong, seperti dilaporkan PSSI di lamannya.

TC Timnas Indonesia. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

2. Kick-Off Liga 1 2020

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator memutuskan kompetisi Liga 1 Indonesia dimulai pada 29 Februari 2020 atau dimajukan dari rencana awal yakni pertengahan Maret.

Tentu kepastian ini disambut sukacita oleh para penggemar sepakbola Indonesia. Karena yang mereka inginkan adalah bernyanyi bersama, menyemangati para pemain di medan perang sembari menyambut kepulangan dengan rasa bangga.

Tendangan bola dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengawali pembukaan kickoff perdana Liga 1 antara Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri.

Pembukaan Liga 1 2020. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Maret 2020:

1. Kick-Off Liga 2 2020

PT Liga Indonesia Baru (LIB), menegaskan kick-off Liga 2 2020 pada 13 Maret 2020. Hal ini sudah sesuai keputusan Kongres Tahunan PSSI di Bali, 20 Januari.

Liga 2 2020 diikuti 24 peserta. Tiga tim yang terdegradasi dari Liga 1, yakni Perseru Badak Lampung FC, Kalteng Putra, dan Semen Padang. Enam tim promosi dari Liga 3, yakni Persijap Jepara, PSKC Cimahi, KS Tiga Naga, Persekat, Putra Sinar Giri FC, dan Semeru FC. Sisanya merupakan tim Liga 2 yang bertahan.

Format Liga 2 masih mengandalkan dua wilayah, barat dan timur di babak awal. Nantinya, empat tim teratas di masing-masing wilayah akan maju ke babak 8 besar.

Logo Liga 2
Logo Liga 2. (Istimewa)

2. Kompetisi Liga 1 2020 Ditunda Karena COVID-19

Kompetisi Liga 1 2020 hanya bertahan tiga pekan saja. PSSI menghentikan sementara kompetisi Liga 1 2020 dengan status force majeure. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru menunda kompetisi ini akibat pandemi COVID-19 yang telah masif penyebarannya.

Pertandingan antara Persib Bandung melawan PSS Sleman pada Minggu, 15 Maret 2020, menjadi awal dari penundaan tersebut. Penundaan itu mendapat satu suara baik dari pemain, pelatih, asosiasi, hingga pemerintah bahwa Liga 1 mesti ditangguhkan demi menjaga keselamatan serta mendukung upaya dalam memutus rantai penularan.

Ketum PSSI hentikan Kompetisi Sementara. (BolaSkor.com/Istimewa)

3. Gaji 25 Persen

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI membolehkan klub untuk mengubah kontrak kerja dengan pemain dan stafnya. Karena suasana saat ini dianggap kahar atau force majeure akibat pandemi virus corona, klub-klub dimungkinkan tak membayar penuh gaji pemain selama Maret, April, Mei, Juni 2020.

Keputusan PSSI itu dituangkan dalam Surat Keputusan bernomor SKEP/48/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020 yang sudah dikirimkan ke klub. Di dalamnya ditegaskan, selama periode waktu itu, klub boleh hanya membayar 25 persen dari gaji pemain dan stafnya.

Caption

3. TC Timnas Indonesia U-16 Terhenti

Pemusatan latihan (training centre) dan proses seleksi Timnas Indonesia U-16 di Bekasi terpaksa dihentikan di tengah jalan akibat mewabahnya virus Corona. Namun, pelatih Bima Sakti telah mempersiapkan rencana selanjutnya.

Mulanya, TC Timnas Indonesia U-16 yang berlangsung sejak 9 Maret 2020 berakhir pada Jumat (20/3). Akan tetapi, PSSI memutuskan untuk menyudahi pemusatan latihan tersebut pada 16 Maret lalu.

Timnas Indonesia U-16
TC Timnas Indonesia U-16. (PSSI)

April 2020:

1. Kompetisi Liga 1 Berhenti, Shin Tae-yong Pulang Kampung

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pulang ke negaranya Korea Selatan. Bersama para asistennya, Gong Oh-kyun, Kim Woo-jae, dan Lee Jae-hong, ia bertolak dari Indonesia, Jumat (3/4) malam.

Shin Tae-yong bersama kolega sudah mengantongi persetujuan dari PSSI. Sebelum kepulangan, Shin Tae-yong menyerahkan bantuan sebesar 20.000 dolar (25 juta won) atau sekitar Rp330 juta kepada PSSI untuk dibelanjakan masker yang bakal dipergunakan masyarakat kurang mampu.

Shin Tae-yong sendiri sudah tidak dapat berkegiatan sebagai manajer pelatih timnas, karena meningkatnya penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia dan dunia.

"Saya akan kembali ke Korea dan mencari tahu apakah saya bisa membawa tim nasional Indonesia di bawah 19 tahun ke Korea untuk pelatihan dalam dua minggu setelah karantina mandiri. Saya mengatakan akan senang bicara dengan asosiasi sepak bola," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

2. Ratu Tisha Mundur dari Sekjen PSSI

Kabar mengejutkan datang dari Ratu Tisha Destria, pada tanggal 13 April lalu, ia resmi mengundurkan dari jabatan Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI.

Ratu Tisha sudah menjabat sebagai Sekjen PSSI sejak 17 Juli 2017 lalu. Salah satu prestasi yang dibuat selama menjabat sebagai Sekjen PSSI, yakni dengan menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Selain itu banyak program baru yang bisa dihasilkan pada saat kepengurusannya.

Program yang dibuat meliputi mulai Elite Pro Academy, menghidupkan kembali sepak bola putri sampai dengan masalah perwasitan yang ada di Indonesia.

"Dear friends, Hari ini Senin, 13 April 2020, melalui surat, saya telah resmi mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Jenderal PSSI," tulis Tisha di akun Instagram resminya, @Ratu.Tisha.

"Saya bersyukur pernah meraih kesempatan bekerja untuk melayani anggota PSSI, pemain, pelatih, wasit, match commissioner, instruktur, dan para pecinta sepak bola sejak 17 Juli 2017."

Ratu Tisha Destria
Ratu Tisha Destria. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)