Kaleidoskop Sepak Bola Nasional 2022

BolaSkorBolaSkor - Sabtu, 31 Desember 2022
Kaleidoskop Sepak Bola Nasional 2022
Kaos Arema FC sebagai wujud mengenang korban Tragedi Kanjuruhan. (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

BolaSkor.com - Tak terasa sudah masuk ke penghujung tahun 2022. Ada beberapa peristiwa yang terjadi di sepak bola nasional sepanjang tahun 2022.

Cerita gembira dan sedih menghiasi sepak bola nasional tahun 2022. Untuk itu, BolaSkor.com telah merangkum Kaleidoskop Sepak Bola Nasional 2022:

Baca Juga:

Galeri Foto: Timnas Indonesia Belum Pecah Telur Lawan Thailand

Jelang Lawan Filipina, Timnas Indonesia Latihan Ringan di Hotel

Shin Tae-yong Janji Performa Timnas Indonesia Meningkat Setelah Imbang Lawan Thailand

Januari 2022:

1. Timnas Indonesia Runner-Up Piala AFF 2022

Timnas Indonesia
Selebrasi Pratama Arhan bersama Irfan Jaya usai bobol gawang Malaysia. (PSSI)

Timnas Indonesia mengawali tahun 2022 dengan bertanding pada leg kedua final Piala AFF 2020. Menghadapi Thailand di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (1/1), Garuda bermain imbang 2-2.

Hasil ini membuat Tim Merah-Putih harus puas hanya menjadi runner-up untuk keenam kalinya di ajang sepak bola paling akbar se-Asia Tenggara karena kalah agregat 2-6 dari Thailand.

Di leg pertama yang berlangsung pada 29 Desember 2021, Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan kalah telak 0-4.

2. Timnas Putri Indonesia Berlaga di Piala Asia Wanita 2022 India

Timnas Putri Indonesia
Timnas Putri Indonesia. (PSSI)

Timnas Putri Indonesia kembali berlaga di Piala Asia Wanita setelah 33 tahun absen. Zahra Muzdalifah dan kawan-kawan berhak tampil di Piala Asia Wanita 2022 yang berlangsung di India setelah mengalahkan Singapura di babak kualifikasi dengan agregat 2-0.

Namun, kiprah Garuda Pertiwi di Piala Asia Wanita 2022 hanya sampai di penyisihan grup. Timnas Putri Indonesia belum sanggup meladeni dominasi Australia, Thailand, dan Filipina di Grup B.

Saat menghadapi Australia yang diperkuat pemain-pemain bintang seperti Samantha Kerr dari Chelsea, Timnas Putri Indonesia tidak bisa berbuat banyak. Tim asuhan Rudy Eka Priyambada itu kalah telak 0-18.

Kekalahan juga didapatkan saat menghadapi Thailand (0-4) dan Filipina (0-6). Tiga hasil itu membuat Timnas Putri Indonesia jadi juru kunci Grup B tanpa meraih kemenangan dan mencetak satu gol pun.

3. FIFA Matchday Timnas Indonesia Vs Timor Leste di Bali

Timnas Indonesia
Aksi Edo Febriansyah saat melawan Timor Leste. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Timnas Indonesia menggelar FIFA Matchday melawan Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Pertandingan berlangsung dua kali pada 27 dan 30 Januari 2022.

Di pertemuan pertama, Timnas Indonesia menang 4-1 lewat gol yang dihasilkan Ricky Kambuaya (63'), Pratama Arhan (73'), Mendonca da Silva (own goal,77') dan Filomeno (own goal,80').

Di laga kedua yang digelar pada 30 Januari, Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan. Kali ini dengan skor 3-0 berkat torehan Terens Puhiri di menit kelima, Ramai Rumakiek (41') dan Ricky Kambuaya (72').

4. Ronaldo Kwateh Pecahkan Rekor Pemain Termuda Debut di Timnas Indonesia

Ronaldo Kwateh
Aksi Ronaldo Kwateh saat melawan Timor Leste. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Pemain muda Madura United, Ronaldo Kwateh, memecahkan rekor menjadi pemain termuda yang melakoni debut bersama Timnas Indonesia Senior. Ia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam Bahar.

Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste, dalam laga FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (28/1) malam WIB.

Empat gol Timnas Indonesia dilesakkan oleh Ricky Kambuaya (65'), Pratama Arhan (penalti 72), bunuh diri Junildo Pereira (77'), dan bunuh diri Filomeno Junior da Costa (79'). Sementara satu gol Timor Leste dicetak oleh Gali da Costa Freitas pada menit ke-34.

Dalam laga tersebut, ada empat debutan yakni Sani Rizky Fauzi, Ronaldo Kwateh, Marselino Ferdinan, Achmad Figo, dan Terens Puhiri. Khusus Ronaldo, pemain keturunan Indonesia-Liberia itu menjadi debutan termuda di Timnas Indonesia.

Ronaldo melakoni debut bersama Timnas Indonesia di usia 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari. Memecahkan rekor Asnawi Mangkualam dengan 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari saat Timnas Indonesia melawan Myanmar pada 21 Maret 2017.

Ia menggantikan peran Ramai Rumakiek di jeda babak pertama. Pemain berumur 17 tahun itu langsung berkontribusi dengan mencetak assist kepada Ricky Kambuaya.

Setelah Ronaldo Kwateh, pemain lainnya yang masuk kriteria debutan termuda kedua adalah Marselino Ferdinan dengan usia 17 tahun , 4 bulan, dan 18 hari. Ia menggantikan peran Evan Dimas pada menit ke-66.

Ronaldo Kwateh juga tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga 1. Ia mencetak gol pada umur 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari di Liga 1 2021/2022.

Februari 2021

1. Pratama Arhan Resmi Direkrut Tokyo Verdy

Tokyo Verdy
Momen perkenalan Pratama Arhan oleh Tokyo Verdy di KBRI Tokyo, Jumat (25/3). (KBRI Tokyo)

Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan mengumumkan kepindahan kariernya ke Jepang, Selasa (16/2). Ia akan memperkuat klub kasta kedua Liga Jepang atau J2 League, Tokyo Verdy.

Tokyo Verdy mendatangkan Arhan dari PSIS Semarang secara gratis. Dia dikontrak dua tahun sampai 2024.

Ketertarikan Tokyo Verdy terhadap Arhan bermula dari penampilan apik sang pemain bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (yang digelar akhir 2021).

Selain membawa Timnas Indonesia ke partai final, Arhan diganjar penghargaan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Maret 2021

1. Bali United Juara Liga 1 2021/2022

Bali United
Suka cita pemain Bali United menyambut gelar juara Liga 1 2021/2022 saat pemanasan jelang lawan Persebaya Surabaya. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Bali United keluar sebagai juara Liga 1 2021/2022. Kepastian itu didapat saat kompetisi masih menyisakan dua pekan lagi.

Empat posisi teratas ditempati Bhayangkara FC (37 poin), Persib Bandung (34 poin), Arema FC (34 poin) dan Persebaya Surabaya (33 poin).

Gelar ini merupakan gelar juara kedua beruntun Bali United di Liga 1. Sedangkan untuk pelatihnya, Stefano Cugurra Teco adalah yang ketiga kali secara berturut-turut.

Sebelumnya, pelatih asal Brasil itu membawa Bali United juara pada musim 2019 dan Persija Jakarta musim 2018. Sedangkan kompetisi musim 2020 dihentikan karena pandemi COVID-19.

2. Persipura Jayapura Terdegradasi

Persipura Jayapura
Selebrasi para pemain Persipura Jayapura usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Salah satu klub paling sukses di era Liga Indonesia, Persipura Jayapura, harus turun kasta ke Liga 2. Ini merupakan yang pertama untuk Persipura sejak kompetisi sepak bola di Tanah Air dilebur menjadi satu pada tahun 1994.

Persipura terdegradasi bersama Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan. Tim dengan julukan Mutiara Hitam itu sebetulnya mengoleksi poin yang sama dengan Barito Putera di posisi 15, tapi kalah head to head.

Persipura sebetulnya bisa saja selamat dari degradasi seandainya tidak mendapatkan sanksi pengurangan tiga poin. Sanksi itu diberikan lantaran Yustinus Pae dan kawan-kawan tidak datang ke pertandingan melawan Madura United, Senin (21/2).

3. Timnas Indonesia U-19 TC ke Korea Selatan

Timnas Indonesia U-20
Timnas Indonesia U-20. (PSSI)

Timnas Indonesia menggelar pemuatan latihan atau TC di Korea Selatan pada 13 Maret sampai 15 April 2022. TC berlangsung di dua tempat, yaitu di Yeongdeok dan Daegu.

TC di Yeongdeok dilaksanakan pada 13-24 Maret 2022. Setelah itu TC dilanjutkan di Daegu sampai 15 April 2022.

Selama di Korea Selatan, Timnas Indonesia U-19 menggelar 9 kali uji coba. Hasilnya, Garuda Muda menang tiga kali, imbang sekali, dan mendapatkan lima kekalahan. Salah satu kekalahan itu diterima saat menghadapi timnas Korea Selatan U-19.

Adapun TC di Korea Selatan ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Tanah Air pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

April 2022

1. Thomas Doll Resmi Jadi Pelatih Persija

Thomas Doll
Thomas Doll. (Media Persija)

Persija Jakarta mengumumkan Thomas Doll sebagai manajer pelatih Macan Kemayoran untuk Liga 1 2022/2023 pada 23 April 2022.

Presiden Persija, Mohamad Prapanca, mengatakan sosok Thomas Doll sudah sesuai kriteria yang diharapkan. Karier sebagai pemain dan pelatih terbilang mentereng sehingga diharapkan mampu menjaga kejayaan Persija.

Saat masih bermain, Thomas Doll memperkuat Hansa Rostock, BFC Dynamo, Hamburger SV, Lazio, Eintracht Frankfurt, dan AS Bari. Ketika memilih pensiun, Juru taktik kelahiran Malchin, 9 April 1966 itu menjadi pelatih di Hamburgers SV, Borussia Dortmund, Genclerbirligi, Al-Hilal, Ferencvaros, Hannover 96, dan APOEL Nicosia.

Saat menangani Ferencvaros, ia mengoleksi tiga gelar Hungarian Cup Winner, dua trofi Hungarian Champion (2), dan sekali juara Hungarian League Cup.

2. Uji Coba JIS Lewat Indonesian Youth Championship

IYC 2022
Bali United U-18 Vs Atletico Madrid U-18 di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (13/4). (Instagram.com/baliunitedyouth)

Jakarta International Stadium (JIS) jadi tuan rumah perhelatan Indonesian Youth Championship (IYC) yang digelar pada 13-19 April 2022.

Turnamen ini sebetulnya akan digelar pada Desember 2021 di Bali. Namun, karena situasi pandemi COVID-19 yang belum membaik ketika itu, maka penyelenggaraan turnamen diundur sampai April 2022. Lokasi pertandingan juga dipindah dari Bali ke Jakarta.

Ajang ini diikuti oleh empat tim muda. Di antaranya Indonesia All-Star U-20, Bali United U-18, Atletico Madrid U-18 dan Barcelona U-18.

Turnamen IYC menerapkan sistem pertandingan single round-robin. Artinya setiap tim akan saling berhadapan sebanyak satu kali.

Barcelona U-18 pada akhirnya keluar sebagai juara dalam turnamen ini. Blaugrana mengalahkan Atletico U-18 1-0 di partai final.

Mei 2022

1. Timnas Indonesia U-23 Rebut Medali Perunggu SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23
Aksi Saddil Ramdani melawan Malaysia. (NOC Indonesia/Naif Al’as)

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Malaysia U-23 lewat adu tendangan penalti 5-4 (1-1, pen 4-3), pada laga perebutan medali perunggu cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5) sore WIB.

Di babak penyisihan, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner-up di bawah Vietnam.

Di babak semifinal, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand. Tim Merah-Putih kalah tipis 0-1. Kekalahan itu membuat Indonesia berhak tampil di laga perebutan medali perunggu melawan Malaysia.

2. Kongres Tahunan PSSI 2022 di Bandung

PSSI
Mochamad Iriawan (tengah) memimpin Kongres PSSI 2022 di Bandung, Senin (30/5). (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

PSSI menggelar Kongres Tahunan 2022 di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (30/5). Kongres dihadiri Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita, para anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dan 87 voters.

Turut hadir juga sebagai undangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, Niko Nhouvannasak (FIFA Regional Office Development Coordinator-Southeast Asia), Nhodkeo Phawadee (AFC Head of ASEAN Unit Member Association Division), Maj Gen Khiev Sameth (AFF President), dan General Secretary AFF Winston Lee.

Agenda kongres membahas pertanggungjawaban laporan keuangan dan program PSSI tahun 2021, lalu merencanakan anggaran dan program PSSI tahun 2022.

Salah satu keputusan yang dihasilkan dalam Kongres Biasa PSSI 2022 adalah soal Liga 1 2022/2023. Kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air tersebut akan kembali digelar format kandang-tandang setelah musim lalu berlangsung secara terpusat di beberapa daerah saja demi menekan penyebaran dan penularan COVID-19.

Juni 2022

1. FIFA Matchday Timnas Indonesia Vs Bangladesh di Bandung

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Timnas Indonesia menggelar laga FIFA Matcday kontra Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, pada 1 Juni 2022. Pertandingan ini berakhir imbang tanpa gol alias 0-0.

Untuk menghadapi Bangladesh, Timnas Indonesia membawa 29 pemain. Uji coba digelar sebagai persiapan Skuat Garuda sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, pada 8-14 Juni 2022.

Dalam persiapan menghadapi Bangladesh, Shin Tae-yong turut mengajak Sandy Walsh dan Jordi Amat. Namun ketika itu keduanya belum bisa ikut bermain karena masih menjalani proses naturalisasi.

2. Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kepastian ini didapat setelah menang 7-0 atas Nepal pada laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah finis sebagai runner-up Grup A dengan 6 poin dari 3 laga. Mendampingi Yordania (9 poin) yang menang 3-0 atas Kuwait.

Skuat Garuda menempati posisi kedua runner-up terbaik. Di bawah Kyrgyzstan (7 poin). Di bawah Indonesia ada Malaysia (+4), Thailand (+4), dan Hong Kong (0) yang mengoleksi 6 poin juga, namun kalah selisih gol dari Indonesia (+7).

Kaleidoskop Timnas Indonesia Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan