Kampanye Anti Rasisme ala Bayern Munchen dan Borussia Dortmund

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 07 Juni 2020
Kampanye Anti Rasisme ala Bayern Munchen dan Borussia Dortmund
Pemain Borussia Dortmund mengenakan kaus khusus dengan pesan anti rasisme (Reuters)

BolaSkor.com - Bayern Munchen dan Borussia Dortmund menjadikan Laga pekan ke-30 Bundesliga 2019-2020 sebagai momentum untuk mengkampanyekan anti rasisme. Kedua raksasa Jerman itu punya cara berbeda dalam melakukannya.

Bayern Munchen bertandang ke markas Bayer Leverkusen di BayArena pada Sabtu (6/6). Para pemain Die Roten menggunakan kaus khusus bertema anti rasisme.

Kampanye Munchen tak sampai disitu. Seluruh pemain juga mengenakan ban hitam bertuliskan 'Black Lives Matter' di lengan kirinya.

Baca Juga:

Aksi Berlutut Klub Premier League untuk George Floyd

Aksi Solidaritas Pesepak Bola Dunia untuk George Floyd

Hasil Bundesliga: Dortmund Raih Tiga Poin, Bayern Dekati Gelar

Sementara Dortmund juga melakukan kampanye anti rasisme saat menjamu Hertha Berlin. Para pemain Die Borussen memakai kaus hitam dengan tulisan berbeda-beda dengan tema anti rasisme saat pemanasan.

Para pemain dari kedua tim juga melakukan aksi berlutut sesaat sebelum pertandingan dimulai. Gestur ini bermakna aksi protes terhadap ketidakadilan terhadap orang kult hitam yang dipopulerkan oleh pemain American Football, Colin Kaepernick.

Pemain Borussia Dortmund dan Hertha Berlin berlutut sebelum pertandingan dimulai.

Masalah rasisme memang kembali memanas belakangan ini. Hal itu dipicu kematian seorang pria berkulit hitam bernama George Floyd akibat ulah oknum polisi di Amerika Serikat.

Insiden tersebut membuat masyarakat di Negeri Paman Sam melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran untuk menuntut keadilan. Berbagai tokoh juga turut memberikan dukungannya.

Pelaku sepak bola juga tak mau ketinggalan. Aksi solidaritas kematian George Floyd juga dilakukan baik secara individu maupun tim.

Beberapa pemain Bundesliga sempat mengekspresikan sikapnya saat bertanding. Sementara tiga klub Premier League yaitu Chelsea, Liverpool, dan Newcastle United menunjukkannya dengan aksi berlutut dalam sesi latihan.

Bayern munchen Borussia Dortmund Bundesliga Rasisme Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan