BolaSkor.com - Manchester United berpeluang memuncaki klasemen sementara Premier League 2020-2021 pada tengah pekan ini. Setan Merah faktanya sudah cukup lama tak merasakan singgasana tersebut.

Manchester United saat ini memang masih menduduki peringkat kedua di bawah Liverpool. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer kalah selisih gol meski sama-sama mengumpulkan 33 poin.

Namun Manchester United punya tabungan satu pertandingan yaitu laga tandang kontra Burnley di Turf Moor, Rabu (13/1) pukul 03.15 dini hari WIB. Hasil seri sudah cukup membawa mereka menggeser Liverpool dari posisi puncak.

Memuncaki posisi puncak menjadi pencapaian yang biasa bagi Manchester United sewaktu masih ditangani Sir Alex Ferguson. Namun hal itu seolah menjadi langka sejak sang manajer berkebangsaan Skotlandia tersebut pensiun pada 2013 silam.

Baca Juga:

Solskjaer Ungkap Kondisi Edinson Cavani Usai Jalani Hukuman

Prediksi Burnley Vs Manchester United: Saatnya Jadi Pemuncak Klasemen

Berpeluang Salip Liverpool, Dilema Melanda Manchester United

Stoke City vs Manchester United

Manchester United tercatat terakhir kali memuncaki klasemen Premier League pada 9 September 2017 ketika Premier League musim 2017-2018 baru berjalan empat pekan. Saat itu tim yang ditangani Jose Mourinho sudah menduduki posisi teratas sejak pekan perdana setelah meraih tiga kemenangan beruntun.

Pada pekan keempat, Manchester United hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Stoke City. Hal itu membuat perolehan poin mereka mampu disamai Manchester City meski masih unggul selisih dua gol.

Satu pekan kemudian, Manchester United mampu mengalahkan Everton dengan skor 4-0. Namun kemenangan tersebut tak cukup mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen.

Di tempat lain, Manchester City mampu mengalahkan Watford dengan skor lebih telak 6-0. Hal itu membuat dua rival sekota itu memiliki poin, selisih gol, dan produktivitas gol yang sama persis.

Manchester City nampaknya diputuskan berhak memimpin klasemen berdasarkan susunan abjad. Namun sejak saat itu, Manchester United gagal kembali merebut posisi puncak hingga akhir musim.

Manchester United mengakhiri musim 2017-2018 di peringkat kedua. Itu merupakan posisi terbaik yang ditempati kubu Old Trafford sejak Ferguson pensiun.

Tercatat ada sepuluh pemain yang masih bertahan di Manchester United sejak terakhir kali memuncaki klasemen Premier League. Mereka adalah David De Gea, Phil Jones, Eric Bailly, Paul Pogba, Nemanja Matic, Marcus Rashford, Juan Mata, Jesse Lingard, Anthony Martial, dan Sergio Romero.

Sementara itu, peringkat terbaik Manchester United di bawah asuhan Solskjaer juga mentok di posisi kedua. Hal itu terjadi usai mengalahkan Chelsea dengan skor 4-0 pada laga pembuka musim 2019-2020 lalu.

Namun posisi Manchester United kemudian justru terus melorot sebelum bangkit pada paruh kedua kompetisi. Mereka akhirnya finis di peringkat ketiga pada klasemen akhir.

Solskjaer tentu tidak akan melewatkan kesempatan emas membawa Manchester United ke puncak klasemen untuk kali pertama. Ia diprediksi akan menurunkan kekuatan terbaik meski sudah ditunggu Liverpool pada akhir pekannya.