BolaSkor.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi tanggapan soal potensi laga Liga 1 dan 2 dihadiri penonton. Menurutnya, hal itu bergantung pada angka COVID-19.

Hal ini menanggapi pertanyaan, menyusul keputusan Polri mengeluarkan izin penyelenggaraan Liga 1 dan 2 2021. Izin disampaikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali setelah pertemuan di Mabes Polri.

Pemberian izin dengan sejumlah catatan. Utamanya soal keselamatan masyarakat di tengah pandemi.

Baca Juga:

PT LIB Bergerak Cepat Usai Izin Liga 1 dan Liga 2 Keluar

Polri Keluarkan Izin untuk Liga 1 dan Liga 2 2021

Penyelenggaraan kompetisi juga harus tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Pelanggaran terhadap protokol kesehatan dan aturan menurutnya akan berpengaruh terhadap pelaksanaan liga.

"Dimulai bulan Juli, kita akan lihat angka Covid. Perkembangan sampai hari ini (31 Mei), baru saja kami hadapi arus balik, sehingga tiap hari kita pantau," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Polri akan melihat lagi jika angka COVID-19 bisa dikendalikan. "Kita lihat apa ada kelonggaran, tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan."

Kapolri juga menghimbau para suporter untuk tetap patuh aturan. "Kalau cinta tim kesayangan yang akan tampil, baik di Liga 1 dan 2, kami harapkan suporter mendukung dengan sama-sama menjaga, terkait aturan dan protokol kesehatan. Betul-betul dijaga, karena pelanggaran akan hal tersebut akan berdampak pada tim kesayangan."

Sesuai rencana terakhir PSSI, Liga 1 2021 akan digulirkan mulai 10 Juli dari semula di interval waktu 3-7 Juli. Hal ini tak lepas dari agenda dua klub Indonesia yakni Persipura Jayapura dan Bali United di Piala AFC 2021, yang berlaga 29 Juni sampai 6 Juli.

Liga 1 2021 direncanakan bergulir hingga Maret 2022. Sistem semi bubble to bubble dengan format seri akan diterapkan.

Adapun Liga 2 dijadwalkan berjalan dua minggu setelah start Liga 1. Kompetisi kasta kedua akan berlangsung sampai Desember 2021 dengan sistem semi bubble (home tournament).