Kapten Juventus, Giorgio Chiellini Imbau Pesepak Bola Lanjutkan Pendidikan Akademis

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Kamis, 18 Oktober 2018
Kapten Juventus, Giorgio Chiellini Imbau Pesepak Bola Lanjutkan Pendidikan Akademis
Giorgio Chiellini. (Zimbio)

BolaSkor.com - Kapten Juventus, Giorgio Chiellini, mengimbau rekan-rekan satu profesinya untuk melanjutkan gelar akademis. Menurut Chiellini, hal itu untuk mengantisipasi kehidupan setelah pensiun.

Giorgio Chiellini merupakan pesepak bola jenius yang memiliki gelar akademis. Chiellini telah mendapatkan gelar magister atau setara S2 pada 2017.

Gelar itu didapatkan Giorgio Chiellini pada jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Turin. Tujuh tahun sebelumnya, Chiellini meraih gelar S1 di universitas tersebut.

Dalam upaya mendapatkan gelar S2 tersebut, Giorgio Chiellini membuat tesis berjudul 'Model Bisnis Juventus FC dalam Konteks Internasional'. Tesis Chiellini membuatnya mendapatkan predikat magna cum laude karena nilai yang sempurna.

Kesuksesan yang telah dirasakan membuat Giorgio Chiellini mendorong pesepak bola lain mengikuti jejaknya. Pria yang menjabat kapten timnas Italia itu menilai kehidupan pesepak bola masih panjang setelah memasuki masa pensiun.

"Saya ingin mendorong pesepak bola untuk kembali belajar dan meningkatkan pengetahuan dengan mengenyam pendidikan di universitas. Hidup masih panjang setelah pensiun," ujar Giorgio Chiellini kepada FIFPro.

"Kehidupan pesepak bola akan terasa indah setelah pensiun. Namun, Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Jika tidak Anda akan berusia 35 tahun dan tidak memiliki rencana."

"Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam hidup karena hanya mengetahui sepak bola. Sedikit mantan pemain yang bisa bekerja di bidang sepak bola," Giorgio Chiellini melanjutkan.

Giorgio Chiellini sendiri telah memasuki usia pensiun karena berumur 34 tahun. Andai memutuskan gantung sepatu, bekal ilmu Chiellini membuatnya bisa memperoleh pekerjaan di Juventus.

Giorgio Chiellini Juventus Timnas Italia Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan