BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris terancam tanpa Jordan Henderson saat bertarung di putaran final Piala Eropa 2020, Juni mendatang. Kapten Liverpool itu tengah berpacu dengan waktu untuk pulih dari cedera.

Henderson mengalami cedera pangkal paha saat Liverpool menjamu Everton, Februari silam. Akibat hal itu, ia harus naik meja operasi.

Henderson diperkirakan akan pulih dan mulai kembali berlatih pada April mendatang. Namun kondisi terbaru membuat sang pemain bisa absen lebih lama.

Baca Juga:

Operasi Sukses, Jorden Henderson Menepi hingga Lima Pekan

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Kapten Liverpool Juga Cedera

5 Pemain Era Brendan Rodgers yang Masih Tersisa di Liverpool

Jordan Henderson cedera pada laga kontra Everton, Februari lalu.

Keraguan terkait peluang Henderson tampil di Piala Eropa diungkapkan langsung oleh pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Ia bahkan mulai memikirkan sejumlah opsi lain untuk mengantisipai hal ini.

"Dari segi janji, kami hanya bisa mengatakan bahwa Hendo sendiri sangat optimis tentang bagaimana operasi berjalan. Namun kami sadar bahwa dengan cedera apa pun, bisa terjadi di sepanjang jalan pemulihannya," kata Southgate di situs resmi FA.

“Kami tahu ini akan mendekati akhir musim dan kami hanya harus melihat bagaimana kelanjutannya. Dia akan memberikan dirinya setiap kesempatan untuk tersedia."

Meski pulih tepat waktu, Henderson memang tak otomatis masuk ke skuat Timnas Inggris. Ia harus kembali ke performa terbaiknya agar tampil maksimal di Piala Eropa.

Hal inilah yang tampaknya dikhawatirkan Southgate. Ia ingin melihat Henderson tampil lagi setidaknya di sejumlah pertandingan pada akhir musim 2020-2021.

"Kami juga tahu dia kemungkinan akan kekurangan menit pertandingan dalam game level tinggi. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, tetapi saat ini, keputusan akhir tinggal beberapa minggu lagi," tambahnya.

Banyak opsi

Meski akhirnya Henderson tak pulih tepat waktu, Southgate tak perlu khawatir. Ia masih memiliki sejumlah gelandang berkualitas lain untuk mengisi posisi tersebut.

Nama-nama seperti Mason Mount, Kalvin Phillips, Declan Rice, hingga Jude Bellingham menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Henderson. Kekurangan mereka hanyalah masih minimnya pengalaman internasional.