BolaSkor.com - Persaingan grup D Piala Dunia 2018 kian memanas. Selain Kroasia yang sudah mendapatkan tiket lolos ke fase gugur, ketiga negara lainnya: Argentina, Nigeria, dan Islandia masih sama-sama memiliki kans mendampingi Kroasia.

Nigeria memiliki perolehan tiga poin, sementara Islandia dan Argentina sama-sama mengoleksi satu poin. Pada pertandingan terakhir, Nigeria akan memainkan laga hidup-mati melawan Argentina. Berbeda dengan Argentina yang butuh kemenangan untuk lolos, Nigeria hanya butuh hasil imbang.

Namun, lolos tidaknya Nigeria dengan hasil imbang itu, bergantung juga dengan hasil laga Kroasia kontra Islandia. Nigeria bisa lolos dengan hasil imbang apabila Islandia kalah atau imbang kontra Kroasia. Permasalahannya adalah, ada kemungkinan Islandia mengalahkan Kroasia, yang akan mengistirahatkan bintang-bintang andalan mereka.

"Akan ada perubahan dalam susunan pemain (kontra Islandia). Mereka yang sudah menerima kartu kuning (Ivan Rakitic, Ante Rebic, Mario Mandzukic, dan Sime Vrsaljko) tidak akan bermain. Saya ingin menjadi juara grup, tapi, kami juga harus menjaga diri kami sendiri," tutur Zlatko Dalic, pelatih Kroasia.

Sontak keputusan Dalic itu langsung dikecam oleh kapten Nigeria, John Obi Mikel. Mantan pemain Chelsea menilai Kroasia seharusnya tetap profesional bermain, meski sudah lolos grup, dengan menurunkan pemain-pemain terbaik.

"Saya pikir itu (keputusan Dalic) bukan hal terbaik yang dapat dilakukan. Ini (Piala Dunia) turnamen besar - Anda tidak bisa mengistirahatkan pemain-pemain dan memberi tim lainnya kesempatan lolos kualifikasi," timpal Mikel, dilansir dari Goal, Sabtu (23/6).

"Mereka seharusnya tetap profesional dan memainkan tim terbaik mereka. Pada panggung besar ini Anda tak bisa mengistirahatkan pemain dan membantu tim lain," pungkasnya.

Pertandingan terakhir grup D berlangsung di hari dan jam yang sama, yakni Rabu, 27 Juni 2018 pukul 01.00 dini hari WIB.