Karantina Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott Tak Bisa Ditawar

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 15 Desember 2021
Karantina Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott Tak Bisa Ditawar
Elkan Baggot. (Instagram)

BolaSkor.com - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott tidak akan bisa memperkuat skuat Garuda dalam laga kontra Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12). Elkan Baggott sebelumnya masih diharapkan PSSI untuk bisa tampil.

Elkan Baggott seperti diinformasikan PSSI mendapat perintah karantina pada Senin (13/12). Ia harus menjalani hal itu sampai 18 Desember. PSSI menjelaskan dalam rilis bahwa Elkan Baggott harus dikarantina karena berada satu pesawat dengan penumpang diduga positif COVID-19 varian baru Omicron.

PSSI lewat Direktur Teknik Indra Sjafri dibantu Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) juga disebut melakukan negoisasi dengan pemerintah setempat dalam hal ini Kementerian Kesehatan Singapura.

Ada harapan bahwa Elkan Baggott bisa diturunkan melawan Vietnam.

PSSI seperti dijelaskan Sekjen Yunus Nusi juga menaruh harapan pada panitia Piala AFF atau AFF serta Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) untuk membantu persoalan. "Harapan kami demikian, ada diskresi pemerintah Singapura terhadap Elkan," kata Yunus Nusi.

Baca Juga:

Dubes RI Jelaskan Karantina yang Harus Dijalani Elkan Baggott

Prediksi Timnas Indonesia Vs Vietnam: Berebut Tiket Semifinal

"Tidak bisa (main). Karena perintah karantina itu wajib dan tidak bisa ditawar-tawar," terang Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Singapura, Suryopratomo dalam keterangan tertulis kepada BolaSkor.com.

"Itu kewenangan Kemenkes Singapura. Kalau tidak menjalani hukumannya pidana. Denda 10 ribu dolar atau penjara enam bulan."

Suryopratomo juga menjelaskan bahwa kasus Elkan Baggott berbeda dengan pemain Timnas Malaysia. Dua pemain Timnas Malaysia yaitu kiper Khairulazhan Khalid, winger Faisal Halim dinyatakan positif setibanya di Singapura pada 3 Desember.

Dua pemain itu harus menjalani karantina selama 10 hari, sementara pemain lain tetap beraktivitas termasuk bertanding. Menyusul kemudian Quentin Cheng dan Akhyar Rashid dinyatakan positif dan harus menjalani karantina.

Akhyar Rashid sempat bermain di laga pertama Malaysia. Sementara itu rekan sekamar Safawi Rasid hanya dipantau kesehatannya dan tetap menjalankan aktivitas bersama tim.

"Empat pemain Malaysia dikarantina selama 10 hari. Yang kontak erat dilakukan tes PCR. Dan variannya bukan Omicron. Penanganan pada Covid di Singapura sama tidak bisa dikompromikan," jelas Suryopratomo.

Elkan Baggott Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan