Karl-Johan Johnsson, Kiper Penghambat Langkah Manchester United yang Pernah Berlatih di Man City

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 11 Agustus 2020
Karl-Johan Johnsson, Kiper Penghambat Langkah Manchester United yang Pernah Berlatih di Man City
Karl-Johan Johnsson (Twitter)

BolaSkor.com - FC Copenhagen memang harus takluk dari Manchester United pada perempat final Liga Europa 2019-2020, Selasa (11/8) dini hari WIB. Namun sang kiper, Karl-Johan Johnsson sukses mencuri perhatian publik.

Johnsson memang tampil apik dalam pertandingan ini. Ia seolah menjadi tembok kokoh yang membuat frustrasi barisan lini depan Manchester United.

Johnsson mampu melakukan 13 penyelamatan dalam pertandingan ini. Gawangnya hanya mampu dijebol melalui penalti Bruno Fernandes.

Baca Juga:

Puji Kiper Copenhagen, Solskjaer Bersyukur Manchester United Tak Lakoni Adu Penalti

Romelu Lukaku Pecahkan Rekor Alan Shearer Berusia 15 Tahun

Manchester United 1-0 FC Copenhagen: Setan Merah Akhiri Perlawanan Wakil Denmark Lewat Perpanjangan Waktu

Penampilan Johnsson tersebut tentu mengejutkan banyak pihak. Namanya memang jarang didengar sebagai salah satu kiper berkualitas.

Hal itu sebenarnya merupakan sebuah kewajaran. Karier Johnsson memang kurang cemerlang karena lebih banyak dihabiskan bersama klub-klub medioker.

Kiper berkebangsaan Swedia itu mengawali karier profesionalnya pada tahun 2009 bersama klub lokal, Halmstads Bollklubb. Johnsson merupakan produk akademi klub tersebut.

Saat itu usianya baru menginjak 19 tahun. Halmstads hanya menjadikan Johnsson sebagai pilihan kedua.

Namun setahun sebelumnya, Johnsson sempat dilirik Manchester City. Pada November 2008, The Citizens bahkan mengundangnya untuk mengikuti pelatihan selama sepekan.

Dilansir Sky Sports, Manchester City yang saat itu ditangani Mark Hughes kabarnya tertarik merekrut Johnsson. Ia diminta bertahan lebih lama dan tampil pada laga uji coba.

Namun tawaran itu ditolak pihak Halmstads. Johnsson pun harus kembali ke Swedia.

Johnsson total tampil selama 3,5 tahun bersama Halmstads. Ia juga mendapat kesempatan membela Timnas senior Swedia sejak Januari 2012.

Johnsson hijrah ke Belanda pada Januari 2013 untuk memperkuat NEC Nijmegen. Sayang petualangan perdananya di luar negeri berakhir tragis karena tim yang dibela harus terdegradasi dari Eredivisie pada musim 2013-2014.

Johnsson lalu memilih hengkang ke Denmark untuk memperkuat Randers FC. Ia tampil cukup apik selama dua musim sehingga kontestan Ligue 1, Guingamp merekrutnya pada pertengahan tahun 2016.

Di Prancis, penampilan Johnsson tetap stabil. Ia membawa Guingamp menjadi penghuni tetap papan tengah selama dua musim beruntun.

Namun penampilan Guingamp menurun drastis pada musim 2018-2019. Tim ini akhirnya terdegadasi dari Ligue 1 karena menempati juru kunci di akhir kompetisi.

Hasil itu sekaligus mengakhiri kebersamaan Johnsson bersama Guingamp. Musim panas 2019, ia memilih kembali ke Denmark untuk bergabung bersama FC Copenhagen.

Sempat menjadi cadangan di awal kedatangannya, Johnsson secara perlahan mampu merebut status kiper nomor satu. Ia total tampil dalam 43 laga di semua kompetisi dan kebobolan 44 gol.

Bukan sebuah catatan yang baik untuk seorang kiper. Namun penampilannya kontra Manchester United tak mungkin dilupakan para fans Copenhagen.

Karl-johan johnsson FC Copenhagen Manchester United Liga Europa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan