BolaSkor.com - Baru ini dunia sepak bola digegerkan dengan kabar kiper legendaris Spanyol, Iker Casillas, terkena serangan jantung kala sedang berlatih dengan Porto (1/5). Casillas dilarikan ke rumah sakit dan setelah mendapatkan perawatan intensif, kondisinya lebih stabil dan baik-baik saja saat ini.

Sesaat setelah Casillas terkena serangan jantung, publik pecinta sepak bola Eropa dan fans Casillas langsung memberikan dukungan dan doa kepada legenda Real Madrid tersebut. Dukungan dan doa mereka dibalas Casillas melalui sosial media.

"Segalanya terkendali di sini. Sempat ada kekhawatiran besar, tapi saya berada di kekuatan penuh. Terima kasih banyak untuk semuanya atas pesan dukungan dan cinta," ucap Casillas beberapa waktu lalu di sosial media.

Casillas bukan satu-satunya pesepakbola atau atlet yang pernah terkena serangan jantung. Beberapa di antara mereka tidak 'beruntung' dan nyawanya tidak terselamatkan. Melihat kasus Casillas muncul sebuah pertanyaan "Mengapa atlet rentan kena serangan jantung?".

Baca Juga:

Pernah Berselisih Paham, Mourinho Hubungi Casillas Pasca Terkena Serangan Jantung

Dokter Tim Porto Sebut Mustahil bagi Iker Casillas Bermain Sepak Bola Lagi

Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit akibat Serangan Jantung, Kondisi Iker Casillas Kini Membaik

Iker Casillas

Logikanya, atlet, dengan hidup yang sehat dan olahraga rutin, seharusnya bisa terbebas dari serangan jantung. Faktanya tidak demikian.

Menurut Owen Anderson dalam buku berjudul "Heart attack risks are greater for athletes who compete in endurance sports", atlet-atlet justru rentan dengan dua penyakit serius: Alzheimer dan serangan jantung.

Risiko serangan jantung kepada atlet terjadi karena peningkatkan kandungan bernama enzim cardiac troponin I. Enzim tersebut meningkat karena beberapa kondisi, di antaranya aktivitas dan usia.

Enzim cardiac troponin akan meningkat karena aktivitas intens atlet dalam melakukan sesi latihan (khususnya latihan fisik), pertandingan resmi. Enzim itu akan ada setidaknya satu-dua pekan. Andai tubuh atau fisik tak mampu mengimbangi peningkatan itu, maka semakin riskan juga mereka terkena serangan jantung.

Selain Casillas, tiga pesepakbola berikut ini juga pernah terkena serangan jantung. Siapa saja?

1. Fabrice Muamba

Fabrice Muamba

Pada Maret 2012, Fabrice Muamba terkena serangan jantung kala timnya, Bolton Wanderers, tengah bertanding melawan Tottenham Hotspur di ajang Piala FA. Muamba langsung dilarikan ke Rumah Sakit London Chest.

Mantan pemain timnas Inggris U-21 mendapatkan perawatan intensif di ambulans dan juga di rumah sakit. Jantungnya berhenti berdetak selama 78 menit. Laga ditunda kala itu dan juga di laga berikutnya melawan Aston Villa.

Pasca mendapatkan perawatan intensif, nyawa Muamba terselamatkan dan dua pekan setelahnya Muamba keluar dari rumah sakit seraya tersenyum, memberi kabar baik kepada fans. Pada Agustus 2012 Muamba memutuskan pensiun setelah mendapatkan saran dari tim medis.