BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara turnamen Jenesys di Jepang. Kepastian itu didapat usai Garuda Asia menumbangkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0, pada laga final yang berlangsung di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park Pitch 1, Senin (12/3) siang WIB.

Gol tunggal kemenangan Timnas Indonesia U-16 dicetak oleh Rendy Juliansyah pada menit ke-64. Dalam turnamen tersebut, Timnas Indonesia U-16 membuat catatan gemilang dengan berhasil menyapu seluruh laga melalui kemenangan.

Di mana, Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Filipina (7-0) dan Kamboja (1-0) pada babak penyisihan grup. Kemudian, Skuat Garuda Asia mennyingkirkan tuan rumah Jepang di babak semifinal melalui kemenangan 1-0.

“Cukup membanggakan. Ini juga berkat dukungan dan doa masyarakat Indonesia. Tentu saja kerja keras para pemain selama pemusatan latihan sampai pertandingan di Jenesys. Para pemain bermain tidak ada takutnya. Semua lawan dihadapi dengan gagah berani,” kata pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini.

"Tentu target besar kita lolos ke Piala Dunia U-17 tahun 2019 dengan syarat lolos ke semifinal Piala AFC U-16," kata Fakhri.

Piala ini merupakan yang kedua kalinya direbut Timnas Indonesia U-16, setelah sebelumnya berhasil menjadi juara turnamen Tien Phong di Vietnam pada tahun lalu. Turnamen Jenesys merupakan persiapan jangka panjang Timnas Indonesia U-16 berlaga di Piala AFF U-15 dan Piala AFC U-16 tahun ini.