BolaSkor.com - Bocah berbadan mungil itu berdiri di tengah lapangan dengan seragam merah biru. Ini merupakan debutnya pada laga profesional, tetapi dia langsung tampil sejak menit pertama, untuk tim sekelas Barcelona pula.

24 Maret 1998 menjadi tanggal yang abadi dalam ingatan bocah bernama Xavier Hernandez Creus tersebut. Pria yang akrab dengan nomor punggung enam itu hanya butuh waktu lima bulan untuk debut di laga resmi.

Perlahan tapi pasti, Xavi Hernandez, demikian dia biasa dipanggil mulai menjadi andalan di lini tengah Barcelona. Kesempatan membela timnas Spanyol pun seperti tinggal menunggu waktu.

Baca Juga:

Lionel Messi Turut Berikan Pesan Emosional kepada Xavi Hernandez

Pensiun, Xavi Hernandez Banting Setir ke Dunia Kepelatihan

Xavi Hernandez

Kemampuannya memberikan operan dengan akurat serta mencari ruang kosong untuk rekan-rekan satu timnya membuat Xavi Hernandez menjadi sosok vital di lini tengah Barcelona dan timnas Spanyol.

Jenderal lini tengah, demikian julukan yang kerap diberikan untuk Xavi Hernandez. Keberadaan Xavi memberikan ketenangan untuk rekan-rekan satu timnya karena dia bisa menyerang dan bertahan sama baiknya.

Mungkin akurasi operan Xavi Hernandez tidak sehebat katakanlah Andrea Pirlo. Namun, Xavi lebih sempurna dibandingkan kolega asal Italia-nya tersebut.

Menemukan ruang, mencari peluang, memberikan umpan, mungkin itu gambaran paling tepat untuk tugas Xavi Hernandez di atas lapangan. Menyeimbangkan tim bisa dibilang.

Bukti kehebatan Xavi Hernandez terlihat pada Piala Dunia 2010. Saat itu, Xavi mencatatkan 91 persen umpan berhasil sepanjang turnamen berlangsung sehingga dijuluki pengendali boneka.