BolaSkor.com - Mesir kembali menelan kekalahan pada laga kedua mereka di Piala Dunia 2018. Mohamed Salah kalah 1-3 dari Rusia, Selasa (19/6) pada laga kedua Grup A.

Bisa dikatakan hampir dipastikan Mesir tersingkir dari Piala Duna 2018. Namun, bukan berarti Mesir sudah tersingkir. Ya, Mesir masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Tentu saja peluang itu sangat tipis. Adalah keajaiban jika Mesir akhirnya menjadi wakil Grup A di 16 besar.

Saat ini, Mesir tertahan di peringkat tiga tanpa meraih poin. Rusia kokoh di puncak klasemen sementara dengan enam poin diikuti Uruguay (tiga poin), serta Arab Saudi sebagai juru kunci.

Yang menarik, Mesir masih bisa lolos. Syaratnya, pasukan Hector Cuper harus berharap Arab Saudi bisa mengalahkan Uruguay malam ini. Jika Arab Saudi bisa melakukannya, mereka bakal menyamai poin Uruguay di bawah Rusia.

Dalam situasi inilah nasib Mesir akan ditentukan saat mereka menghadapi Arab Saudi di Volgograd Arena pada 25 Juni mendatang. Mesir harus menang besar atas Arab Saudi dan pada saat bersamaan berharap Rusia mengalahkan Uruguay.

Jika skenario ini berjalan, Mesir akan memiliki poin sama dengan Arab Saudi dan Uruguay. Dan, siapa yang akan menjadi pendamping Rusia lolos ke 16 besar akan ditentukan dari selisih gol dari pertemuan di antara mereka, seperti yang sudah diatur oleh FIFA.

FIFA mengatur jika jika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama, peringkat akan ditentukan lewat delapan cara. Termasuk jumlah kartu kuning dan merah. Jika setelah melewati semua itu belum ditemukan siapa yang unggul, maka siapa yang akan lolos akan ditentukan lewat undian yang dilakukan oleh panitia pelaksana Piala Dunia 2018 (Baca: Bagaimana Menentukan Peringkat Klasemen Jika Poin Sama di Piala Dunia 2018?).

Artinya, Mesir masih bisa lolos ke 16 besar meski itu akan menjadi sebuah keajaiban.


Mesir lolos jika,
- Arab Saudi mengalahkan Uruguay, dan
- Mesir mengalahkan Arab Saudi dengan empat gol atau lebih pada laga terakhir, pada saat bersamaan Rusia menang atas Uruguay.