Kebangkitan Atletico Jelang Hadapi Real Madrid

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 22 Februari 2023
Kebangkitan Atletico Jelang Hadapi Real Madrid
Atletico Madrid (Twitter)

BolaSkor.com - Kenangan masa lalu sangat terasa ketika fans Atletico Madrid meninggalkan Stadion Cívitas Metropolitano pada akhir pekan lalu. Mereka baru saja menyaksikan kemenangan 1-0 timnya atas Athletic Bilbao, berkat gol Antoine Griezmann dan performa pertahanan yang kokoh yang memungkinkan Los Colchoneros kembali mendapatkan clean sheet.

Sejak Piala Dunia, Atletico Madrid telah mengoleksi 5 clean sheet dari 8 pertandingan LaLiga dan Jan Oblak hanya kebobolan 3 gol. Peningkatan kualitas pertahanan ini mendatangkan poin bagi klub asal ibukota Spanyol ini, di mana sejak jeda Piala Dunia, mereka berhasil mencatatkan 5 kemenangan, 2 hasil imbang, dan hanya kalah 1 kali oleh FC Barcelona.

Atletico Madrid berhasil mengumpulkan total 17 poin dari delapan pertandingan dan hanya Barça yang berhasil mengumpulkan poin lebih banyak pada periode ini.

Baca Juga:

Toni Kroos Masih Ingin Berduet dengan Luka Modric

Real Madrid Mencoba Lepas dari Ketergantungan Duet Modric dan Kroos

Real Madrid Gantung Nasib Luka Modric

Faktanya, Atletico Madrid berhasil mengumpulkan satu poin lebih banyak dibandingkan rival sekotanya, Real Madrid, sejak LaLiga kembali berjalan. Ini berarti tim asuhan Diego Simeone akan menghadapi Derby Madrid pada Minggu dini hari di Bernabéu dengan penuh percaya diri.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Simeone setelah kemenangan 1-0 atas Athletic pada pekan pertandingan ke-22: “Kami menjalani musim yang cukup berbeda, tetapi hal terpenting dalam hidup bukanlah memikirkan masalah tetapi menyelesaikannya. Kami tersingkir terlalu cepat dari Liga Champions dan kemudian Copa del Rey, tetapi ada perubahan yang sangat jelas setelah Piala Dunia. Tim bekerja lebih keras untuk bersaing karena kami selalu berlomba dan itu membawa hasil. Ini bukanlah sebuah kebetulan.”

Awal musim ini memang sulit bagi Simeone dan pasukannya. Mereka menghabiskan jeda Piala Dunia di luar 4 besar klasemen LaLiga. Sebelum Piala Dunia, Atletico Madrid rata-rata hanya mengumpulkan 1,7 poin setiap pertandingan, tetapi mereka berhasil mendapatkan rata-rata 2,1 poin setiap pertandingan sejak saat itu.

Faktor utama di balik peningkatan tersebut adalah pergantian ke empat bek yang berhasil memperkuat pertahanan. Jan Oblak telah melakukan berbagai penyelamatan kunci dalam beberapa pekan terakhir, tetapi terdapat dua bek khususnya yang paling pantas mendapatkan pujian, yaitu Reinildo dan Mario Hermoso.

Pemain asal Mozambik, Reinildo, telah menjadi salah satu rekrutan paling sukses dalam beberapa tahun terakhir dan sudah menjadi favorit para fans di Stadion Cívitas Metropolitano berkat usaha dan cara dia membuat setiap tekel, blok, dan sapuan terlihat begitu mudah.

Sementara itu, Hermoso telah mengalami pasang surut performa di klub asal ibukota itu. Meski menjadi pemain kunci pada saat mereka menjuarai LaLiga musim 2020/21, bek tengah Spanyol itu kemudian kehilangan tempatnya di starting line-up.

Setelah berjuang untuk merebut kembali posisinya, dan terhalang oleh beberapa kartu merah atau menyebabkan penalti, Hermoso telah menjadi pemain andalan sejak Piala Dunia, dengan Simeone memainkannya di setiap menit yang memungkinkan. Sang bek pun kini telah membayar kepercayaan pelatihnya.

Tidak dapat diabaikan, Antoine Griezmann, Álvaro Morata, dan Ángel Correa masing-masing telah mencetak dua gol di LaLiga sejak Piala Dunia. Sementara pemain yang baru didatangkan pada Januari lalu, Memphis Depay, juga telah menyumbang 1 gol penentu kemenangan saat menghadapi RC Celta.

Real Madrid Atletico Madrid Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.482

Bagikan