Kebobolan 20 Gol dari Lima Laga, Leeds United Pecat Marcelo Bielsa

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 27 Februari 2022
Kebobolan 20 Gol dari Lima Laga, Leeds United Pecat Marcelo Bielsa
Marcelo Bielsa (Twitter)

BolaSkor.com - Empat tahun perjalanan Marcelo Bielsa telah berakhir dengan Leeds United. Performa serta hasil-hasil buruk yang diraih di beberapa laga terakhir memaksa klub Yorkshire itu memecat manajer asal Argentina tersebut.

Selama empat tahun melatih Leeds, Bielsa membawa klub promosi ke Premier League setelah 16 tahun lamanya dengan permainan sepak bola ofensif dan menghibur.

"Leeds United hari ini mengonfirmasi bahwa klub telah berpisah dengan pelatih kepala Marcelo Bielsa," demikian pernyataan di laman resmi Leeds United.

"Pelatih berusia 66 tahun itu bertanggung jawab atas tim selama lebih dari tiga setengah tahun, setelah mengambil alih kendali pada Juni 2018."

"Dia mengubah nasib klub di lapangan, yang dimulai dengan kemenangan telak 3-1 atas Stoke City di Elland Road dua bulan kemudian dan dia memimpin Leeds ke Play-Off Championship di musim penuh pertamanya sebagai pelatih."

Baca Juga:

Jadwal Neraka Menanti Manchester United pada Maret

Kebobolan 20 Gol dari Lima Laga, Leeds United Pecat Marcelo Bielsa

Penyebab Perpanjangan Kontrak Azpilicueta dengan Chelsea Berjalan di Tempat

"Dalam musim keduanya, Bielsa berhasil di mana orang-orang sebelumnya gagal, membimbing klub meraih titel Championship, memenangkan divisi dengan 10 poin, dan membawa klub promosi kembali ke Premier League untuk pertama kalinya dalam 16 tahun."

Mantan pelatih Athletic Bilbao, Marseille, Lazio, dan Lille dikagumi banyak pelatih top di Eropa tak terkecuali Pep Guardiola dan Jurgen Klopp.

Tapi musim ini situasinya sulit karena Leeds baru lima kali menang di Premier League dari 26 laga, parahnya lagi di lima laga terakhir pertahanan Leeds terbuka dan sudah kebobolan 20 gol.

Kelima laga itu saat melawan Aston Villa (3-3), Everton (0-3), Manchester United (2-4), Liverpool (0-6), dan Tottenham Hotspur (0-4).

“Ini adalah keputusan terberat yang harus saya buat selama masa jabatan saya di Leeds United, dengan mempertimbangkan semua kesuksesan yang dimiliki Marcelo di klub," terang Pemilik Leeds, Andrea Radrizzani.

“Dengan Marcelo sebagai pelatih kepala kami, kami menjalani tiga musim yang luar biasa dan masa-masa indah kembali ke Elland Road."

"Dia mengubah budaya klub dan membawa mentalitas juara kepada kami semua. Momen-momen yang tercipta, khususnya di musim 2019-2020 dan meraih promosi ke Premier League, tentu akan membekas dalam ingatan kita semua, termasuk saya dan para fans."

“Namun, saya harus bertindak demi kepentingan terbaik klub dan saya yakin perubahan diperlukan sekarang untuk mengamankan status Premier League kami. Hasil dan penampilan terbaru belum memenuhi harapan kami."

“Kami menemukan diri kami dalam posisi liga yang genting dan saya merasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk membawa pelatih kepala baru, untuk memberi dampak pada tahap yang menentukan musim ini."

“Tentu saja, saya sendiri, bersama dengan semua orang di klub ingin berterima kasih kepada Marcelo atas upaya dan pencapaiannya dan kami berharap yang terbaik untuknya di masa depan," urai dia.

Menurut informasi dari Fabrizio Romano, Leeds akan menunjuk eks pelatih RB Salzburg dan RB Leipzig, Jesse Marsch sebagai penggantinya.

Breaking News Leeds United Marcelo Bielsa Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.137

Bagikan