BolaSkor.com - Manajer Liverpool Jurgen Klopp tak yakin dua bek timnya Joe Gomez dan Virgil van Dijk bisa tampil di Piala Eropa 2020. Klopp tak menutup kemungkinan itu, tapi kondisi terkini tak memungkinkan keduanya bermain.

Keduanya sudah lama cedera sejak Oktober dan November lalu karena cedera lutut kaki. Baik Gomez dan Van Dijk masih dalam tahap pemulihan, namun Klopp tak yakin mereka bisa bermain di Piala Eropa pada Juni hingga Juli mendatang.

"Ini bukan keputusan saya, tetapi sejujurnya informasi yang saya miliki saat ini tidak mungkin (Gomez dan Van Dijk tampil di Piala Eropa 2020)," tutur Klopp dikutip dari Goal.

"Bukannya saya tidak membiarkan mereka pergi, karena saya juga tidak ingin melakukannya. Itu karena lamanya waktu cedera."

Baca Juga:

Joachim Low Tak Lagi Melatih Jerman Selepas Piala Eropa 2020

100 Hari Menuju Piala Eropa 2020: 5 Pemain Abad 21 dengan Caps Terbanyak

Jurgen Klopp Pasang Badan demi Thiago

Virgil van Dijk dan Joe Gomez

"Kami semua berharap mereka siap untuk memulai pramusim bersama kami, itulah yang kami harapkan. Dengan Joel (Matip) hampir sama. Ini adalah cedera yang sangat serius dan sekarang bukan tentang kompetisi yang mereka mainkan," imbuh manajer asal Jerman itu.

"Joe tidak berlari, Virgil sudah berlari tapi ini sangat sulit. Kami sangat senang jika mereka siap untuk berlatih bersama kami untuk awal pramusim tetapi Piala Eropa saya tidak memikirkannya."

"Kapan Anda harus kembali untuk siap bermain di Piala Eropa? Seminggu sebelumnya? Hari dimulainya Piala Eropa? Saya tidak tahu. Saya mengerti mungkin kebutuhan itu tetapi kami tidak dapat membuat keputusan ini dan kami tidak akan. Mereka akan menjadi bugar saat mereka bugar," tegas dia.

Cedera keduanya itu memicu Liverpool merekrut Ben Davies dan Ozan Kabak pada Januari 2021. Badai cedera di lini belakang Liverpool memang cukup parah musim ini hingga mereka kesulitan tampil konsisten di liga.

Joe Gomez Dapat Digantikan, Van Dijk Sulit Digantikan

Berbeda nasib dengan Joe Gomez yang notabene bukan bek tengah pilihan utama Gareth Southgate di timnas Inggris, posisinya juga masih dapat digantikan bek tengah lainnya seperti John Stones, Harry Maguire, Michael Keane, dan Eric Dier.

Kemewahan itu tak dimiliki oleh timnas Belanda besutan Frank de Boer. Van Dijk bek tengah andalan bersama duetnya Matthijs de Ligt di jantung pertahanan Der Oranje.

Tak ayal apabila Van Dijk tak pulih tepat waktu dan bermain di Piala Eropa 2020 maka itu akan jadi pukulan bagi Belanda, meski ada beberapa kandidat penggantinya seperti Stefan de Vrij, Dalen Blind, dan Nathan Ake.