BolaSkor.com - Kepastian absennya pebulu tangkis asal China dan Jepang dari rangkaian tur Thailand membangkitkan optimisme dari kubu Indonesia. Maklum, kedua negara tersebut kerap merepotkan jagoan PBSI.

Absennya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pun awalnya dirasa bukan masalah besar. Toh jagoan Indonesia lain masih bisa berangkat ke Thailand.

Di kubu tunggal putra misalnya, Anthony Sinisuka Ginting turun. Sementara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan masih tampil sebagai wakil ganda putra.

Pada nomor ganda putri ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Ganda campuran malah punya dua andalan, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca Juga:

Evaluasi Tur Thailand, Pebulu Tangkis Indonesia Loyo

Ahsan/Hendra Kalah di Final, Naga Api Memaklumi

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Tanpa China dan Jepang, praktis hanya Denmark, Korea Selatan, dan tuan rumah Thailand yang menjadi pesaing Indonesia. Itu pun tidak di semua sektor.

Tak heran PBSI mematok target tinggi sebelum Thailand Open pertama. Saat itu, Praveen/Melati dan Anthony misalnya, ditarget minimal bisa lolos ke final.

Hasilnya hanya satu wakil Indonesia yang menjadi juara di Thailand Open I, Greysia/Apriyani. Sementara hanya satu wakil lain, Praveen/Melati yang mampu ke final.

Akan tetapi hasil di Thailand Open I masih jauh lebih mendingan ketimbang seri kedua. Tidak ada satu pun wakil Indonesia pada final Thailand Open II.

Hasil serupa kembali terjadi di BWF World Tour Finals sepekan selanjutnya. Kali ini hanya Ahsan/Hendra yang mampu lolos dari fase grup dan melangkah ke final.

Bisa dibilang, satu-satunya hasil cukup baik dari rangkaian tur Thailand hadir dari Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan muda itu melangkah ke semifinal Thailand Open I.