BolaSkor.com – Der Klassiker atau yang bisa disebut dengan Clasico Jerman akan dihelat di spieltag 11 Bundesliga. Borussia Dortmund akan menjamu Bayern Munchen di Signal Iduna Park pada Minggu (11/11) pukul 00.30 WIB. Kedua tim saat ini terpaut jarak empat poin.

Bayern, yang menyandang status juara bertahan Bundesliga enam kali, butuh kemenangan agar bisa memangkas jarak dengan Dortmund asuhan Lucien Favre. Performa Bayern masih inkonsisten di bawah asuhan Niko Kovac. Tapi, Bayern tetaplah tim berpengalaman yang patut diwaspadai Dortmund.

“Bayern tetaplah Bayern, mereka selalu jadi tim yang kuat. Performa mereka di awal musim tidak sebagus di musim-musim sebelumnya, jadi pekerjaan kami untuk memanfaatkannya. Meski begitu, laga sama sekali tidak akan mudah. Tapi di laga kandang, di depan fans kami dengan kualitas yang kami punya, kami bisa mengalahkan mereka.”

Keyakinan itu diungkapkan oleh Axel Witsel, gelandang asal Belgia yang baru bergabung dengan Dortmund di awal musim panas ini dari Tianjin Quanjian. Witsel adalah elemen penting yang menyambungkan kepingan puzzle di lini tengah Dortmund.

Pengalaman bermainnya di level tertinggi Eropa dan juga internasional memberikan ketenangan kepada para pemain muda Dortmund. Jacob Bruun Larsen, Jadon Sancho, Manuel Akanji, Marius Wolf, bisa belajar banyak dari pemain yang sudah punya 98 caps dengan timnas Belgia.

“Saya coba memberikan pengalaman saya, meskipun ini kali pertama dalam karier bermain di level top di liga top (satu di antara lima liga top Eropa). Kami punya banyak pemain muda di sini. Skuat kuat, tapi kebanyakan pemain berusia 19-21 tahun – saya berusia 30 tahun Januari! Saya coba jadi pemimpin, seperti yang saya lakukan di klub-klub sebelumnya,” tambah Witsel.

Pengalaman Witsel itu memang dibutuhkan Dortmund. Apalagi saat ini, melawan tim berpengalaman seperti Bayern. Witsel pun yakin pengalaman itu bisa diladeni dengan kegilaan pemain-pemain muda Dortmund ketika bermain nanti. Seperti yang diketahui, Dortmund sudah mencetak 30 gol dan baru kebobolan 10 gol dari 10 laga Bundesliga.

“Mereka (Bayern) biasa mendominasi liga dan tampil bagus di Liga Champions. Mereka tahu apa yang dibutuhkan untuk memenangi titel tiap tahunnya. Mereka jauh lebih berpengalaman daripada kami sekarang ini. Para pemain mereka lebih tua dan masih sangat berkualitas, seperti Franck Ribery contohnya,” imbuh Witsel dalam wawancaranya kepada Bundesliga.

“Jadi, Bayern lebih unggul daripada kami, baik dari segi pengalaman dan kemampuan mengatasi tekanan. Namun, pemain-pemain muda kami akan memberikan kegilaan di laga nanti, dan kegilaan ini dapat menciptakan hal-hal hebat di lapangan pertandingan,” pungkasnya.