Kehadiran Penonton Diuji di 8 Besar Liga 2, Ini Penekanan Polri

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 08 Desember 2021
Kehadiran Penonton Diuji di 8 Besar Liga 2, Ini Penekanan Polri
Konferensi pers Kemenpora, PSSI, Polri, Kemenkes. (PSSI)

BolaSkor.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menekankan agar peraturan yang dibuat PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) dihormati dan dipatuhi suporter sepak bola. Hal ini disampaikan Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto.

Itu menyusul rapat koordinasi yang diselenggarakan Kemenpora terkait rencana kehadiran penonton di kompetisi, yang akan diuji di babak delapan besar Liga 2 2021. Hadir dalam rapat ini Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajaran, perwakilan Kementerian Kesehatan, BNPB, termasuk Polri.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menjelaskan rapat membahas rencana PSSI dan PT LIB, pengamanan, dan protokol kesehatan.

"Ini bukan seperti biasanya. (Bukan) Kembalinya penonton ke stadion kemudian terisi penuh seperti saat kondisi normal dahulu," kata Amali.

Baca Juga:

Liga 1 2021/2022 Hanya Lima Seri, Diselesaikan di Bali

Sriwijaya Vs Persiba dan Rans Cilegon Vs Persis Jadi Laga Uji Coba Kehadiran Penonton

PSSI hendak menguji kehadiran penonton di laga delapan besar Liga 2 yang direncanakan digelar di Stadion Pakansari dan Wibawa Mukti. Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno sebelumnya menjelaskan dua laga yang menjadi tes kehadiran penonton yakni Sriwijaya FC melawan Persiba Balikpapan dan Persis Solo kontra Rans di Grup X yang digelar pada 15 Desember.

"Kami akan undang dulu suporter klub, mungkin 100. Tentu ketentuan harus diikuti seperti vaksin, pedulilindungi, dan antigen. Antigen disepakati dibantu Kemenkes. Insya Allah kalau uji coba berjalan lancar, sukses, aman, diteruskan Liga 1 seri 4 dan 5 di Bali," jelas Iriawan.

"Seperti disampaikan pak Menpora dan Ketum PSSI, penyelenggaraan delapan besar Liga 2 pada 15 Desember sampai akhir bulan dengan pengamanan berbeda. Tentu akan ada rapat teknis, ada satu minggu akan kami optimalkan. Kita desain pengamanan komprehensif supaya babak delapan besar Liga 2 terselenggara aman, tertib, lancar," kata Imam Sugianto.

"Kita garis bawahi, kita himbau koordinator fans, kita hormati, patuhi peraturan yang dibuat PSSI dalam penyelenggaraan Liga 2. Supaya sepak bola tertib, aman, dan enak dilihat, tidak ada hal tidak diinginkan," sambungnya.

PT LIB Liga 2 Pssi PT Liga Indonesia Baru Kemenpora Polri Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan