BolaSkor.com - Persib Bandung akan kembali menjalani laga lanjutan di fase grup Piala Presiden 2022. Kali ini lawan yang dihadapi adalah Persebaya Surabaya.

Sesuai dengan jadwal, kedua tim akan bertanding di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Jumat (17/6). Pertandingan dilangsungkan pada pukul 20.30 WIB.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan laga melawan Persebaya Surabaya ini merupakan laga penting. Pasalnya, timnya berkeinginan untuk menjadi juara Grup C.

"Bisa dilihat di grup ini dihuni empat tim yang merupakan lima besar klasemen musim lalu, semua tim juga sama-sama baru mendapatkan satu poin jadi bisa dikatakan grup ini sangat seimbang," ujar Robert Rene Alberts dalam prematch press conference di Graha Persib, Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/6).

Pelatih asal Belanda ini merasa diuntungkan lantaran Persib Bandung bermain di kandangnya sendiri. Bahkan mendapatkan dukungan langsung dari pendukung fanatiknya.

Baca Juga:

Javier Roca Berpikir Positif Usai Persik Kalah karena Penalti

Lima Pemain Persib Terancam Sanksi saat Melawan Persebaya

"Dan besok tim melihat ke depan untuk mendapat dukungan itu lagi. Kami antusias untuk mendapatkan tiga poin pertama pada Piala Presiden tahun ini dan mengamankan satu tiket ke perempat final secepatnya," katanya.

Robert Rene Alberts membenarkan Persebaya mengalami perombakan. Yakni dengan merekrut banyak pemain muda.

"Persebaya memiliki banyak talenta di setiap musimnya. Mereka juga memiliki filosofi permainan tertentu dan bisa dilihat ada banyak pemain muda yang bermain, bagus saat bermain di area yang kecil, nyaman memainkan bola dan selalu memproduksi talenta yang bagus."

"Jadi ini adalah tim yang membuat saya menaruh hormat kepada mereka, tim yang memiliki energi besar karena dihuni pemain muda. Meskipun mengalami banyak perubahan pemain dari musim lalu, tapi tim ini tetap bekerja keras dan kompak, ada banyak pemain muda yang punya kapasitas untuk berlari terus-menerus," tuturnya.

Namun demikian, Robert Rene Alberts membeberkan bahwa striker anyarnya Ciro Alves kini mengalami masalah. Striker asal Brasil itu mengalami gangguan di bagian punggungnya.

"Ciro mengalami masalah di punggungnya jadi terasa kaku sejak kemarin. Maka pada hari ini kami memutuskan untuk memberinya latihan ringan supaya bisa siap bermain di pertandingan besok. Dia akan tetap menjadi starter besok," tegasnya.

Terkait mengenai rotasi, Robert Rene Alberts tak memungkiri berkeinginan untuk menurunkan pemain yang berbeda di setiap pertandingannya. Setidaknya sekitar 50 persen.

"Bisa lihat kami yang lebih segar seperti Victor yang tidak bermain pada laga sebelumnya akan bermain besok. Pemain lainnya juga akan tampil sebagai starter, beberapa akan bermain fifty-fifty, kami juga mencoba untuk memberi kesempatan pemain muda tampil. Karena stadion sudah kembali dihuni suporter dan terkadang itu menjadi tekanan bagi pemain, maka kami harus memasang pemain muda dengan berhati-hati supaya mereka tetap merasa nyaman. Tapi besok akan ada pemain baru yang bermain di susunan starter," jelasnya.

Sementara itu, bek Persib, Victor Igbonefo membenarkan lini depan Persebaya mengalami perubahan. Beberapa pemain seperti Samsul Arif dan Taisei Marukawa sudah tak lagi berseragam Bajul Ijo.

"Tentu ini musim baru dan setiap musim ada pemain yang muncul. Kalau lihat mereka juga sudah ada pemain asing. Persebaya adalah tim besar dan tim yang siap untuk dapat hasil yang bagus di Liga 1. Mereka tim kuat, kita harus tetap waspada untuk pemain baru dan semangat baru dari pemain Persebaya," kata Victor Igbonefo. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)