BolaSkor.com - Kejuaraan basket tingkat Provinsi (Kejurprov) DKI Jakarta tahun 2022 yang mempertandingkan lima kelompok umur (KU) telah mencapai babak final, khususnya di KU-10 mix putra dan putri serta KU-12.

Tentunya Kejurprov pertama di era kepemimpinan PERBASI Jakarta masa bakti 2022-2026 ini masih ada beberapa kekurangan. Namun juga memiliki banyak keunggulan dan kelebihan yang patut diberikan apresiasi yang tinggi.

Panitia Kejurprov DKI Jakarta 2022 juga meminta maaf jika masih ada kekurangan di beberapa aspek dalam pelaksanaannya. Yang pasti, pelaksanaan Kejurprov DKI Jakarta ini digelar untuk satu tujuan, yaitu bersama-sama memajukan basket Jakarta.

"Sehingga kolaborasi dan sinergi semua stakeholders basket di Jakarta sangat dibutuhkan untuk membangun talenta basket sejak usia dini. Berikan edukasi kepada penonton dan orang tua dalam mendukung anak-anaknya di dunia basket, dan sekaligus mewujudkan manajemen organisasi basket yang lebih modern dan transparan," kata Milly Gandamustika selaku Ketua Panitia Kejurprov DKI Jakarta 2022.

Ketatnya jadwal pertandingan dan syarat pemain yang berdomisili di Jakarta menjadi tantangan tersendiri bagi tim atau klub yang bertanding. Perhatian dari para pelatih dan orang tua pun banyak sekali.

Sehingga panitia merasa perlu untuk mendengarkan dan menerima segala aspirasi yang positif, yang memang benar-benar untuk kebaikan dan kemajuan basket di Jakarta.

"Karena pada prinsipnya, atlet-atlet pemain yang akan bermain bertanding, harus nyaman dengan suasana pertandingan, harus ada pemberi semangat di tiap pertandingan, dan ada pencatatan data (statistik) untuk kelompok umur tertentu sebagai acuan dalam standarisasi seleksi pemain ke jenjang berikut," lanjut Milly.

Untuk pertandingan KU-10 mix dari babak penyisihan sampai final dilaksanakan di Filari Court, Lebak Bulus, Jakarta. Sedangkan untuk KU-12 kategori Putra dan Putri diselenggarakan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

Sedangkan untuk KU-14, KU-16 dan KU-18 akan masih berlangsung sampai pertengahan Oktober 2022, dan pertandingan-pertandingan tersaji dengan baik, semua tim bertanding dengan sportivitas dan semangat untuk menang satu dan lainnya.

"Tim yang siap pun melaju ke babak semifinal, bahkan final. Jadi semua tim adalah baik, bagus, namun yang paling siap lah yang akan mendapatkan kemenangan dan menuju Juara," tutur Milly.

"Perlu kami sampaikan bahwa penyerahan piala para juara akan diselenggarakan secara serentak, nanti waktu akan diinformasikan lebih lanjut," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Kejurprov DKI Jakarta 2022, Irto Rachman, mengapresiasi teman-teman yang menyiarkan langsung secara live streaming pertandingan Kejurprov DKI Jakarta 2022.

Sehingga penonton dan orang tua yang tidak bisa hadir ke lapangan tetap bisa menikmati suasana pertandingan di tiap-tiap GOR yang memiliki perbedaan masing-masing.

Bahkan hal ini akan menjadi penilaian panitia, mana yang baik yang untuk diteruskan dalam event-event basket yang diselenggarakan di Jakarta, baik di tingkatan Pengkot/Pengkab sampai Pengprov DKI Jakarta.

"Terima kasih kepada teman-teman yang membantu meliput menyiarkan secara langsung (live streaming) di seluruh GOR penyelenggaraan. Yakni GOR Bulungan, GOR Tj. Priuk (Sunter), GOR Rawamangun dan Lapangan Basket Filari Court," kata Irto Rachman.

"Panitia mencatat penonton pernah mencapai 1.300-an viewers, dan ini menjadi hal baik. Semoga ke depannya penonton yang hadir langsung, dan yang menyaksikan di live streaming bisa semakin banyak, karena basket di Jakarta sudah semakin digemari," pungkasnya.