Kekompakan dan Saling Percaya buat Timnas Indonesia Makin Tangguh

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 27 Desember 2021
Kekompakan dan Saling Percaya buat Timnas Indonesia Makin Tangguh
Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman, merayakan keberhasilan Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2020. (PSSI)

BolaSkor.com - Pemain sayap Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, mengatakan kunci kemenangan atas Singapura adalah kekompakan pemain. Kekompakan mampu mengatasi tekanan mental penggawa tim Merah-Putih.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020. Kepastian ini didapat usai mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 lewat perpanjangan waktu, pada laga semifinal kedua di Stadion Nasional, Sabtu (25/12) malam WIB.

Walhasil, Timnas Indonesia menang agregat 5-3. Sebelumnya kedua tim bermain imbang 1-1 di semifinal pertama.

Empat gol Timnas Indonesia dilesakkan oleh Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), bunuh diri Shawal Anuar (91'), dan Egy Maulana Vikri (107'). Sedangkan Singapura mencetak gol melalui Song Ui-young (47') dan Shahdan Sulaiman (74').

Baca Juga:

Kalimat Asnawi yang Membakar Semangat Pemain Timnas saat Kalahkan Singapura

Jadwal Final Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Vs Thailand

Dalam laga tersebut Singapura harus bermain dengan 8 orang setelah tiga pemainnya mendapat kartu merah. Dua pemain mendapat kartu kuning kedua, yaitu Safuwan Baharudin (45') dan Irfan Fandi (67') serta kiper Hassan Sunny yang mendapat kartu merah langsung karena melanggar Irfan Jaya di menit 118.

"Pertandingan semalem sangat menarik sekali bagi saya. Kami di babak pertama unggul menit awal, terus mereka membalas dan mendapat kartu merah. Di babak kedua, kami terus kemasukan gol, setelah itu kami samakan kedudukan. Sempat ada penalti juga mereka. Mental kami naik turun," kata Witan.

"Kunci kemenangan kemarin kerja sama tim, kebersamaan kami. Kami tidak boleh menyalahkan satu sama lain, saling percaya. Kami harus kompak dan kerja sama di setiap pertandingan," tambahnya.

Di sisi lain, pemain Lechia Gdansk itu mengungkap kondisinya usai melawan Singapura.

"Kondisi saya sedikit capek, tapi karena kami menang kemarin, kami sangat-sangat happy dan masih ada tiga hari lagi persiapan melawan Thailand," katanya.

Bagi Timnas Indonesia, ini meruoakan final keenamnya. Sebelumnya, Skuat Garuda melaju ke final pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Timnas Indonesia menantang Thailand pada laga final di Stadion Nasional pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Namun, tetap tidak ada regulasi keuntungan gol tandang, karena digelar terpusat di Singapura akibat pandemi COVID-19.

Timnas Indonesia Witan Sulaeman Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan