BolaSkor.com - Thiago Silva menjadi satu di antara bek terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola. Namun, siapa sangka pemain asal Brasil itu pernah berencana pensiun dini karena mengidap tuberkolosis.

Thiago Silva tidak meredup meski sudah berusia 36 tahun. Saat ini, ia menjadi kapten dan pilar di lini belakang Chelsea.

Apa yang ditorehkan Thiago Silva pun bisa dianggap sebagai anomali. Sang bek menembus Liga Champions dua musim beruntun. Setelah pada musim lalu membawa Paris Saint-Germain ke laga puncak, kali ini giliran Chelsea.

Baca Juga:

Prediksi Man City Vs Chelsea: Pemanasan Final Liga Champions

3 Alasan Chelsea Akan Rusak Pesta Juara Manchester City

Jumpa Manchester City di Final, Chelsea Tak Gentar

Thiago Silva




Akan tetapi, untuk mencapai posisi seperti saat ini, Thiago Silva melalui banyak hal, termasuk pernah terbesit pikiran gantung sepatu. Kisah tersebut terjadi pada awal karier sang pemain.

Thiago Silva menuju Porto pada awal Januari 2005. Ketika itu, ia baru berusia 20 tahun. Sebelumnya, Silva memperkuat tim lokal Brasil, Juventude.

Porto merasa, Silva perlu mendapatkan menit bermain yang lebih. Walhasil, setelah mencatatkan 14 penampilan di Porto B, Silva dipinjamkan ke Dynamo Moscow.

Namun, pada masa peminjaman tersebut, Thiago Silva didiagnosis mengidap TBC. Dengan penyakit tersebut, karier Silva diprakirakan tidak akan berjalan mulus.

Bahkan, Thiago Silva menghabiskan enam bulan di rumah sakit untuk perawatan. Ia juga sempat memutuskan meninggalkan dunia sepak bola karena kehilangan harapan.

Akan tetapi, sang ibu memiliki andil dalam keputusan Thiago Silva mengurungkan niatnya. Sang ibu meminta Silva mempertimbangkan kembali keputusannya.

Kemudian, Silva memilih kembali berjuang mengejar mimpinya. Ia pulang ke Brasil dan memperkuat tim masa kecilnya, Fluminense. Silva pun mulai menunjukkan penampilan impresif sehingga menjadi satu di antara bek terbaik di Brasil.

Setelah tiga tahun di Brasil, akhirnya bakat Thiago Silva sampai ke telinga AC Milan. Rossoneri pun mengucurkan 10 juta euro untuk mendatangkan Thiago Silva.

Setelah itu, apa yang dicapai Thiago Silva adalah sejarah. Selain berjaya bersama Milan, Silva juga mengukir prestasi bersama Paris Saint-Germain. Kini, ia selangkah lagi mencapai gelar yang belum pernah diraih, Liga Champions.