Keluarkan Izin, Polri Akan Evaluasi soal Keberlanjutan Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 23 Agustus 2021
Keluarkan Izin, Polri Akan Evaluasi soal Keberlanjutan Liga 1
Menporal Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Laman Humas Polri)

BolaSkor.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengeluarkan izin penyelenggaraan Liga 1 2021/2022 dan Liga 2 2021. Izin disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, Senin (23/8).

Pemberian izin setelah hasil assessment atau penilaian, salah satunya dari Kementerian Kesehatan. Kemenkes seperti dijelaskan melonggarkan kegiatan olahraga, dengan sejumlah pembatasan.

Penurunan angka COVID-19 di beberapa wilayah juga menjadi pertimbangan. Kesepakatan juga melandasi penerbitan izin.

"Mendasari hasil assessment dan evaluasi kegiatan PPKM, kami sepakat memberikan persetujuan terkait perizinan untuk dilaksanakan Liga 1 dan Liga 2, tentu dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat," jelas Kapolri.

"Kami sepakat dan disetujui PSSI kemudian para pemilik klub Liga 1 dan Liga 2, dan rekan-rekan suporter, untuk penyelenggaraan kali ini kami kawal dilaksanakan tanpa penonton dan penegakan protokol kesehatan secara ketat."

Baca Juga:

Kapolri Berikan Izin untuk Liga 1 2021/2022

Marko Simic Beberkan Target Bersama Persija di Liga 1 2021/2022

"Terhadap pemain dan ofisial yang akan laksanakan kegiatan pertandingan, harus sudah dua kali vaksin. Kedua pada saat melaksanakan kegiatan, satu hari sebelumnya dilaksanakan PCR, baik pemain maupun ofisial dalam kondisi negatif COVID-19."

"Kemudian dibatasi jumlah ofisial dan selesai kegiatan dilaksanakan tes PCR atau antigen. Di lokasi penyelenggaraan kita pasang aplikasi Peduli Lindungi, untuk double check."

Pemberian izin juga dengan catatan. Polri seperti dijelaskan akan melakukan evaluasi setelah tiga pertandingan.

"Tiga kali kegiatan akan kita evaluasi. Kalau ternyata dari hasil evaluasi kita lihat tidak terdampak dengan penyelenggaraan tersebut, minggu berikutnya akan ditentukan terkait dengan penambahan lokasi pertandingan atau kebijakan lain, untuk memberikan kesempatan kegiatan ini berlanjut."

"Apabila angka COVID-19 kembali meningkat tentu kita akan melakukan evaluasi-evaluasi disesuaikan dengan kondisi perkembangan COVID-19 di lapangan. Harapan kami, mari sama-sama disepakati, kita hormati komitmen yang kita buat, sehingga pertandingan bisa diselenggarakan dengan baik."

"Harapan kita betul-betul dilaksanakan sehingga tidak mengganggu klub karena ada kesepakatan. Kalau dilanggar akan ada sanksi dengan klub, administrasi atau klub tidak bisa ikut pertandingan," tambah Kapolri.

Menpora Zainudin Amali Pssi PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Liga 2 Polri Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan