Kembali dengan Medali Emas, Timnas Basket Putri Penuh Kebanggaan

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 19 Mei 2023
Kembali dengan Medali Emas, Timnas Basket Putri Penuh Kebanggaan

BolaSkor.com - Cabang olahraga bola basket sukses menjaga tradisi emas di SEA Games. Setelah tahun lalu di Hanoi Timnas Putra bawa pulang medali emas, tahun ini di Kamboja, giliran Timnas Putri mencetak sejarah setelah sukses bawa pulang medali emas dari 5on5.

Medali emas untuk tim nasional putri 5on5 ini didapat usai melibas semua lawan di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2. Mulai dari mengalahkan Vietnam 67-62, melibas Thailand 69-70, menaklukkan Malaysia 85-57. Selanjutnya menghancurkan Filipina 68-89, menghajar Kamboja 100-54, dan terakhir menumbangkan Singapura 39-86.

“Tahun ini kita mendapat medali emas dari Timnas Putri. Tahun lalu, kita juga mendapat satu medali emas dari Timnas Putra. Kami optimis raihan medali emas akan menjadi tradisi di tahuntahun mendatang.

Kami juga mengapresiasi prestasi tim nasional putri 3x3 yang berhasil meraih perunggu serta kerja keras timnas putra baik 5on5 maupun 3x3,” terang Ketum PP PERBASI, Danny Kosasih dalam konferensi pers di Spark Senayan.

“Ini capaian yang luar biasa. Tinta emas ini semakin memacu kami untuk berbuat lebih baik lagi
ke depannya. Menyiapkan timnas yang lebih kuat serta sistem pembinaan yang solid tidak hanya
di cabang 5on5 maupun juga 3x3.

Timnas Basket Putri Indonesia (CdM Indonesia/Evan Andraws)

Oleh karena itu, sebagai langkah awal pembenahan ke depan, pada kesempatan kali ini juga PP PERBASI menandatangani MoU dengan Basket ID untuk mengembangkan liga dan database bolabasket 3x3,” ucap Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

“64 tahun kita menunggu emas untuk basket putri sejak SEA Games pertama kali pada 1959 di
Thailand. Saya takjub dengan perjuangan teman-teman di lapangan. Saya hanya siapkan mereka, kerja keras mereka apa yang mereka lakukan selama latihan sejak bulan Agustus tahun lalu sampai saat ini tidak berhenti. Itu semua terbayarkan,” terang penanggung jawab Timnas Putri sekaligus Manajer Christopher Tanuwidjaja.

Salah satu pemain Timnas Basket Putri Agustina Gretong mengaku sangat bersyukur bisa
mendapatkan medali emas. Ini penantian panjang bolabasket putri.

“Saya senang, bersyukur dapat emas tahun ini. Untuk bisa sampai di sini, harus mau kerja keras, pantang menyerah dan jangan ragu bermimpi,” tegas Agustin.

Headcoach Lin Chi Wen sangat mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung perjuangan Timnas Putri hingga sampai bisa mencetak sejarah di SEA Games 2023 Kamboja. Dia juga tampak emosional merayakan kesuksesan ini sampai berkali-kali meneteskan air mata bahagia usai upacara pengalungan medali emas.

Selain itu, pada SEA Games 2023 Kamboja, Timnas Putri juga menyumbangkan medali perunggu di kategori 3x3. Anak asuh Coach July Wong ini memastikan membawa pulang medali perunggu usai menaklukkan tuan rumah Kamboja 21-15 dalam duel perebutan perunggu.

Dalam kesempatan ini, PP PERBASI juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Basket ID, sebuah perusahaan rintisan yang bergerak di industri olahraga Bolabasket. Kerja sama ini bagian dari upaya PERBASI meningkatkan kualitas ekosistem Basket di Indonesia khususnya bidang 3x3.

Rizky Julian selaku Direktur Basket ID menambahkan,"Kami sangat senang dapat bekerja sam dengan PERBASI dalam mengembangkan olahraga bolabasket di Indonesia, terutama di cabang bolabasket 3x3. Berbagai inovasi sedang kami persiapkan mulai dari merancang konsep liga sampai digitalisasi data bola basket Indonesia demi terwujudnya industri bola basket 3x3 yang berbasis data dan berkelanjutan.

Breaking News Basket Perbasi
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan