BolaSkor.com - Pembukaan Asian Games 2018 dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8) malam WIB. Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa diberi kepercayaan menjadi flag bearer alias pembawa bendera kontingen Indonesia.

Menjadi pembawa bendera Merah Putih sepertinya sudah menjadi tugas tetap Siman. Ya, ini merupakan kali keempat secara beruntun Siman menjadi pembawa bendera Indonesia di ajang multi-event internasional.

Sebelumnya, pengoleksi delapan medali emas SEA Games itu menjadi pembawa bendera Indonesia di Olimpiade London 2012, Asian Games Incheon 2014, dan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur.

Siman mengaku dihubungi Komandan Kontingen (Chef de Mission) Indonesia, Syafruddin pada Sabtu pagi untuk memastikan posisi sebagai pembawa bendera Indonesia pada upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Tentu saya bangga, apalagi kita tuan rumah. Saya lebih dapat suasana kemeriahan itu karena kemarin Indonesia merayakan kemerdekaan," kata Siman seperti dikutip Antara.

Siman dilahirkan di Klungkung, Bali, 8 September 1994. Dia merupakan atlet yang memiliki potensi meraih medali di Asian Games 2018 ini. Khususnya di spesialisasi renang gaya punggung.

Pada SEA Games 2017 lalu Siman sukses mengukir rekor untuk gaya punggung 50 meter. Siman mencatat waktu 25,20 detik.

Yang menarik dari Siman adalah dia mengaku sebenarnya tidak menyukai air. Saat kecil dulu dia sering susah disuruh mandi oleh ibunya.

Saat melihat temannya mahir berenang, Siman iri, Sejak saat itu dirinya mulai berlatih berenang. Saat usia enam tahun ia mulai fokus untuk melatih kemampuannya dalam berenang.

Nama: I Gede Siman Sudartawa

Tanggal lahir: 8 September 1994

Tinggi: 174 cm

Cabang olahraga: Renang

Prestasi:

- Lolos ke Olimpiade London 2012
- Peringkat 15 dnomor 50m gaya punggung di Kejuaran Dunia Budapest 2017
- 7 medali emas, 6 perak, dan 1 perunggu SEA games 2011-2017.
- Pemegang rekor SEA Games di nomor 50m gaya punggung.

Baca Berita Selengkapnya soal sisi menarik Asian Games 2018 lainnya di Side.id