BolaSkor.com - Kehadiran kembali Jepang dalam kalender MotoGP menjadi angin segar bagi Marc Marquez. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu akhirnya bisa bertemu langsung dengan para petinggi Honda untuk membicarakan proyek masa depan motornya.

Pandemi Covid-19 turut memberikan dampak signifikan terhadap Repsol Honda. Komunikasi tim dan markas utama yang terletak di Jepang menjadi terganggu. Akibatnya pengembangan motor RC213V kurang maksimal.

Namun permasalahan ini akhirnya mulai terselesaikan. Dengan kehadiran kembali Jepang sebagai tuan rumah, komunikasi dapat berjalan normal. Marquez akhirnya dapat memperoleh informasi lebih detail mengenai pengembangan motornya.

“Sangat penting bisa kembali ke Jepang. Terkadang hanya melalui surat elektronik dan panggilan telepon, tetapi inisangat berbeda dibandingkan tatap muka langsung,” kata Marquez, dikutip dari speedweek.com.

“Penting bisa mengunjungi HRC (Honda Racing Corporation) untuk melihat apa yang mereka lakukan dan memotivasinya. Tentu saja kamu bisa melihat presiden Honda dan semua orang penting. Mereka tahu di mana mereka dan ke mana mereka akan melangkah. Saya di sini untuk menolong mereka kembali ke puncak,” sambungnya.

Marquez menambahkan kembalinya Jepang dalam kalender MotoGP tidak hanya memberikan dampak positif bagi RepsolHonda saja. Sejatinya tim pabrikan Jepang lainnya juga dapat bernapas lega karena mengalami permasalahan yang sama.

“Setelah dua tahun dilanda pandemik Corona, semua pabrikan Jepang mengalami masalah. Semua insinyur dan tim Jepang harus tinggal di Eropa selama balapan, sangat sulit bekerja di sana dan memiliki koneksi yang bagus ke Jepang. Seperti yang kita lihat di sini sekarang, di Eropa pandemik sangat berbeda dibandingkan Jepang. Kondisi ini memberikan dampak kuat kepada pabrikan Jepang,” ujar pembalap berumur 29 tahun ini.

“Pabrikan Jepang yang berada di Eropa sangat agresif mengembangkan level motornya. Namun fasilitasnya berada di Jepang, tidak hanya Honda, tetapi seluruh pabrikan Jepang. Saya kemarin ke HRC, mereka memiliki potensi untuk kembali ke papan atas dan bersaing merebut gelar juara. Ini adalah target utama kami. Saya percaya kepada Honda, mereka bisa melakukannya,” pungkas Marquez.

Penulis: Bintang Rahmat