Kemenangan Liverpool Dirampok Wasit, Klopp Berang

Arief HadiArief Hadi - Senin, 05 Februari 2018
Kemenangan Liverpool Dirampok Wasit, Klopp Berang
Liverpool dirugikan oleh keputusan wasit (Clive Brunskill - Getty Images)

BolaSkor.com - Anfield, markas Liverpool menjadi saksi drama pertandingan di pekan 26 Premier League. Melawan Tottenham Hotspur, The Reds hanya mampu bermain imbang melalui dua gol Mohamed Salah yang dibalas gol Victor Wanyama dan penalti Harry Kane.

Pertandingan tersebut berjalan seru. Intensitas laga berjalan dengan tempo cepat, dan kedua tim silih berganti melancarkan serangan, kendati Tottenham lebih baik dalam penguasaan bola. Banyak momen gila yang terjadi dalam pertandingan. Namun, di antara semua momen gila itu, keputusan kontroversial Jon Moss lah yang menjadi perbincangan.

Moss memberi dua keputusan kontroversial saat memberikan dua penalti kepada Tottenham. Satu kala Kane dijatuhkan Loris Karius. Dalam momen tersebut, Kane sedianya dalam posisi offside saat menerima bola, dan dituding melakukan diving saat Karius datang untuk menangkap bola. Beruntung, sepakan titik putih Kane digagalkan Karius.

Harry Kane saat berduel dengan Loris Karius (Clive Brunskill - Getty Images)

Tapi, Kane tidak menyia-nyiakan peluang keduanya dari posisi yang sama. Kali ini, penalti diberikan kepada Tottenham setelah Erik Lamela dijatuhkan Virgil van Dijk. Moss baru memutuskan untuk memberi penalti setelah hakim garis mengangkat bendera.

Gol telat Kane itu pun membuyarkan harapan Liverpool meraih tiga poin yang sudah di depan mata. Semuanya dongkol: dari fans, pemain Liverpool, tak terkecuali, Jurgen Klopp. Sang manajer benar-benar kesal dengan keputusan yang diambil Moss.

"Pertandingan berjalan intens di antara dua tim yang benar-benar bagus. Ada beberapa pelanggaran keras di babak, banyak momen yang seharusnya bisa menjadi tendangan bebas, tapi wasit berkata 'Hari ini, itulah pertandingannya, itu diperbolehkan', dan kemudian sentuhan terlembut memutuskan pertandingan. Itu (pelanggaran kepada Lamela) bukan penalti, tapi situasi," cetus Klopp di BBC Sport, Senin (5/2).

Beda pendapat Jurgen Klopp dan Mauricio Pochettino (Michael Regan - Getty Images)

"Saya marah, tapi saya tak bisa mengubah keadaan, jadi apa pekerjaan saya? Berkata untuk menciptakan headline? Untuk dihukum? untuk membayar denda? Jika saya mengatakan apa yang saya pikirkan, saya akan membayar denda terbesar di dunia sepak bola. Semua ini tak masuk akal," lanjutnya sembari marah-marah.

Sebaliknya, manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, memuji kinerja wasit yang berani mengambil keputusan. "Saya memberi selamat kepada wasit, karena mereka memperlihatkan karakter (yang kuat). Sulit mengetahui di waktu tersebut apakah mereka benar atau tidak, tapi di ruang ganti pemain saya telah mengonfirmasi bahwa mereka benar di tiap keputusan," tambah Pochettino.

"Terkadang kami mengeluhkan mereka -saya tidak- karena saya sudah lama memutuskan untuk berhenti mengeluh. Penting untuk menyadari ketika mereka benar karena pekerjaan mereka sangat sulit," pungkasnya.

Liverpool Tottenham Hotspur Jurgen Klopp Mauricio Pochettino English Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan