Kemenangan Portugal Diwarnai Kontroversi, Seharusnya Tidak Dapat Penalti

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 29 November 2022
Kemenangan Portugal Diwarnai Kontroversi, Seharusnya Tidak Dapat Penalti
Timnas Portugal (Twitter Timnas Portugal)

BolaSkor.com - Tim nasional Portugal meraih kemenangan 2-0 melawan Uruguay pada matchday 2 Grup H Piala Dunia 2022, di Lusail Iconis Stadium, Selasa (29/11) dini hari WIB. Namun, kemenangan Portugal itu diwarnai keputusan wasit yang kontroversial.

Portugal mencetak gol pertama ketika laga memasuki menit ke-54. Tendangan Bruno Fernandes masuk ke dalam gawang Uruguay. Cristiano Ronaldo turut berperan sebagai pengecoh kiper, kendati pada akhirnya tidak dihitung sebagai pencetak gol.

Gol kedua Portugal tercipta pada masa injury time. Portugal mendapatkan tendangan penalti usai Jose Maria Gimenez dianggap menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Fernandes yang maju sebagai algojo tidak membuang peluang.

Baca Juga:

Brasil 1-0 Swiss: Samba Susul Prancis ke Babak 16 Besar

Bintang Laga Portugal Vs Uruguay: Sinar Terang Bruno Fernandes

Hasil dan Klasemen Grup G-H Piala Dunia 2022: Portugal ke 16 Besar

Namun, menurut mantan wasit Premier League, Mark Halsey, wasit Alireza Faghani yang bertugas melakukan kesalahan. Halsey juga menyoroti tim VAR yang merekomendasikan tendangan penalti.

"Keputusan buruk oleh perangkat pertandingan. Gimenez hanya mencoba memblokir bola. Namun, dia terjatuh dan lengannya berada di belakang untuk menjadi tumpuan," papar Halsey di The Sun.

"Dia tidak membuat tubuhnya menjadi lebih besar. Itu tindakan yang tidak disengaja dan kedekatan juga menjadi faktor."

Padahal, sebelumnya wasit Alireza Faghani tidak memberikan penalti Namun, VAR mengubah segalanya.

"Itu bukan kesalahan yang jelas dan saya tidak paham kenapa Abdulla Al-Marri dari Qatar bahkan terlibat. Fahgani harusnya lebih kukuh dan mempertahankan keputusan aslinya. Bahkan, bahasa tubuhnya memperlihatkan dia tidak mau memberikan penalti."

Dengan hasil itu, Portugal memastikan diri melaju ke babak 16 besar. Sementara itu, Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay masih berpeluang melaju ke babak gugur.

Timnas Portugal Breaking News Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.482

Bagikan