Kemenangan Real Madrid atas PSG Merupakan Pelajaran bagi Neymar

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Maret 2018
Kemenangan Real Madrid atas PSG Merupakan Pelajaran bagi Neymar
PSG saat kalah dari Real Madrid di Parc des Princes (Getty Images)

BolaSkor.com - Tersingkirnya Paris Saint-Germain (PSG) di 16 besar Liga Champions musim ini bukan sekedar cerita biasa. PSG tersingkir dengan total agregat gol 2-5 dari juara bertahan dua kali beruntun, Real Madrid, setelah kalah 1-3 di leg pertama yang berlangsung di Santiago Bernabeu.

Menjelang leg kedua, PSG sedianya sangat percaya diri dapat membalikkan agregat gol, berbekal rekor mulus di Parc des Princes. Fans pun sudah maksimal mendukung timnya dengan mengintimidasi para pemain Madrid, termasuk menyalakan flare di dalam stadion.

Kendati bermain tanpa Neymar yang cedera, Unai Emery masih memiliki Angel Di Maria atau Julian Draxler yang dapat bermain di lini depan untuk mendampingi Edinson Cavani dan Kylian Mbappe. Ada sedikit harapan, PSG bisa membalikkan ketertinggalan agregat gol, terutama jika melihat kekalahan 0-4 Barcelona di Parc des Princes musim lalu.

Madrid pun tidak bisa dibilang menjalani musim yang baik, karena mereka inkonsisten bermain di La Liga dan tercecer jauh dari pemuncak klasemen yang belum pernah kalah, Barcelona. Parahnya, mereka juga tersingkir dari ajang Copa del Rey. Tak ayal, PSG yang sangat berambisi besar menjuarai Liga Champions cukup diunggulkan menjelang leg kedua.

Namun yang terjadi sebaliknya. Permainan mereka memperlihatkan anti-klimaks setelah tampil bagus di leg pertama. Tidak ada wasit yang kembali dikambinghitamkan di leg kedua ini. Hanya, permainan PSG tidak cukup bagus untuk melangkah lolos ke fase berikutnya, dan Madrid mengajarkan, betapa pentingnya pengalaman dan mental bermain.

Real Madrid Paris Saint-Germain Liga Champions Neymar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan