Kemenpora Desak PSSI Segera Serahkan Proposal Anggaran Piala Dunia U-20 2021

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 29 Februari 2020
Kemenpora Desak PSSI Segera Serahkan Proposal Anggaran Piala Dunia U-20 2021
Ketum PSSI Mochamad Iriawan bersama jajaran dan Menpora Zainudin Amali. (BolaSkor.com/Istimewa)

BolaSkor.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia mengultimatum PSSI untuk segera menyerahkan proposal anggaran Piala Dunia U-20 2021. Sebab, Rancangan Anggaran Belanja (RAB) tersebut harus melibatkan lintas kementerian dan lembaga untuk mencairkannya.

"Saya minta RAB 2020 dan 2021 segera dikirim pekan ini. Sebetulnya sudah kami minta sejak (menyerahkan) RAB orgnisasi dan Timnas Indonesia," kata Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto.

Sebelumnya, PSSI baru secara resmi meminta anggaran kepada Pemerintah, dalam ini kaitannya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), untuk Timnas Indonesia U-19/U-20. PSSI meminta dana maksimal Rp 170 miliar untuk menyangkut kiprah Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Meski begitu, belum diketahui soal RAB penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang akan diajukan PSSI. Maklum saja, lantaran 6 stadion untuk tuan rumah Piala Dunia U-20 belum ditunjuk FIFA.

"Kami tidak bisa berandai-andai soal anggaran ini. Tapi kami menyarankan anggaran digunakan untuk penyelenggaraan, seperti logistik, media centre, honor, akomodasi, dan sebagainya," ujar Gatot.

Baca Juga:

Ketua KONI Punya Pesan Khusus untuk Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021

INAFOC, Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 Bentukan PSSI dan Pemerintah

Tak hanya soal RAB penyelenggaran Piala Dunia U-20, Kemenpora mendesak PSSI untuk segera menghubungi FIFA memilih 6 stadion tuan rumah. Ini berkaitan dengan Keputusan Presiden (Keppres) serta perbaikan stadion dan lapangan latihan.

"Tentu kami akan bahas bersama dengan empat pihak, yaitu Kemenpora, Ditjen Anggaran, PSSI, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Jadi ibaratnya ini ada dokumen, bena atau tidak digunakannya," tambahnya.

Sebelumnya, PSSI bersama Pemerintah Republik Indonesia, dalam kaitannya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membentuk panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2021. Panitia ini bernama INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committe).

Nantinya, INAFOC juga diisi oleh kementerian-kementerian terkait yang membantu penyelenggaraan Piala Dunia U-20, misalnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Piala Dunia U-20 2021 akan digelar pada 24 Mei hingga 12 Juni 2021. FIFA kabarnya akan menunjuk 6 stadion utama Piala Dunia U-20 pada Maret 2020 mendatang.

Kemenpora Gatot S Dewa Broto Pssi Piala dunia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.964

Bagikan