Kemenpora Dituntut Segera Cairkan Dana Pelatnas Triathlon

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 29 Agustus 2018
Kemenpora Dituntut Segera Cairkan Dana Pelatnas Triathlon
Atlet tiathlon Indonesia. (FTPI)

BolaSkor.com - Kuasa hukum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTPI), Rizal TH dan Irsyad Noeri, melayangkan surat tuntutan kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) agar mencairkan dana pelatnas atlet cabang olahraga tersebut.

Pihak kuasa hukum memberikan batas pencairan sebelum pertandingan cabang olahraga Triathlon Asian Games 2018. Cabang olahraga tersebut akan dipertandingkan pada 31 Agustus 2018 di Palembang.

Tuntutan itu tertuang dalam surat yang dikirim FTPI kepada Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana tertanggal 27 Agustus 2018 dengan perihal "Dugaan adanya Konflik Kepentingan terkait Pencairan Dana Pelatnas Triathlon Asian Games 2018 dan dugaan pelanggaran Azas-azas Umum Pemerintahan Yang Baik".

Surat tersebut dibuat untuk menindaklanjuti surat pertama tertanggal 8 Agustus 2018. Saat itu, surat pertama tersebut tidak mendapatkan respons dari Kemenpora.

"Konflik kepentingan itu jelas dilarang dan merupakan pelanggaran Azas-azas Umum Pemerintahan yang Baik, terutama Azas Profesionalitas, Azas Tertib Penyelenggaraan Negara, dan Azas Tidak Mencampuradukkan Kewenangan seperti yang diatur ketentuan hukum yang berlaku,” kata Irsyad.

Padahal, sesuai dengan Nota Dinas 31 Mei 2018 yang ditandatangani oleh Sanusi yang mengatasnamakan Kepala Biro Humas Dan Hukum Kemenpora, dana bantuan kepada FTI tidak bisa disalurkan atau diberikan sampai dengan persoalan selesai sesuai dengan mekanisme internal organisasi.

Meski begitu, dalam keterangannya kepada media Deputi IV Mulyana menyatakan, Kemenpora tidak pernah menghalangi pencairan dana bantuan untuk triathlon Asian Games 2018. Ini mengingat segala prosedur pencairan sudah dilengkapi.

Melihat hal itu kuasa hukum menyimpulkan, ada konflik kepentingan pengurus FTI tandingan yang juga merangkap pejabat di Kemenpora. Hal ini membuat pencairan dana Asian Games 2018 untuk triathlon tertunda-tunda dan tidak sesuai dengan pernyataan Mulyana.

Triathlon Asian games Asian games 2018 Kemenpora Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan