BolaSkor.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), baru saja menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PSSI. Ini terkait dengan fasilitas dan dana yang didapatkan untuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Timnas Indonesia U-19/U-20.

Pada penandatanganan MoU Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali didampingi oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Yayan Rubaeni. Selain itu ada juga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Untuk Pelatnas, PSSI sebelumnya telah mengajukan dana sebesar Rp 69,1 miliar. Namun Kemenpora menyetujui anggaran dengan mengelontorkan bantuan sebesar Rp50,6 miliar untuk persiapan Timnas Indonesia U-19 selama tahun 2020. Dana tersebut meliputi 46 atlet, 7 pelatih termasuk asing dan lokal, dan 8 tenaga pendukung.

Baca Juga:

Ketum PSSI Lakukan Pertemuan dengan Shin Tae-yong Bahas TC di Korea Selatan pada Malam Ini

Pesan Ketum PSSI kepada Para Pemain Timnas Indonesia

“Dari pengajuan sebesar Rp69.144.333.292 ditetapkan fasilitas sebesar Rp50.615.561.500, yang nantinya digunakan untuk keperluan fasilitas timnas U-19 Indonesia,” kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Candra Bakti, dalam konferensi pers, Senin (27/7/2020) di Kantor Kemenpora.

Fasilitasi yang dimaksud nantinya diperuntukkan untuk honorarium, akomodasi dan konsumsi, suplemen, pemusatan latihan (TC) di luar negeri, dukungan transportasi, peralatan perlengkapan latihan, dukungan sports science, perlindungan kesehatan melalui BPJS, hingga ketenagakerjaan.

Sementara, Iriawan mengaku sangat berterima kasih kepada Kemepora untuk bantuan yang didapatkan oleh PSSI ini. Apalagi, bantuan untuk Timnas Indonesia U-19 yang bakal mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 2021 memang sangat diperlukan.

“Dari awal saya lihat Pak Menpora memberikan atensi yang besar kepada sepak bola dan memang kami masih terbayang di televisi ketika beliau dipanggil Pak Presiden (Joko Widodo), saat itu diingatkan soal prestasi sepak bola,” ujar Mochamad Iriawan.

“Pak Menpora begitu perhatian kepada kami, terutama untuk Timnas Indonesia U-19 yang nanti akan berlaga di Piala Dunia U-20, yang Insya Allah masih dalam jalur berlangsung pada bulan Mei-Juni 2021."

“Tentunya terkait pendanaan negara melaui Kemenpora, PSSI siap menjalankan MoU terkait masalah keuangan, juga penggunaan anggaran negara ini, untuk menggunakannya secara akuntabel,” pungkas Iriawan.