BolaSkor.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berjanji akan membantu PSSI jika manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terhalang untuk kembali ke Indonesia. Shin Tae-yong bisa saja terganjal Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 11 Tahun 2020.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly sebelumnya pernah menerbitkan Permenkumham pada 31 Maret 2020 Nomor 11 Tahun 2020 tentang "Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia".

Pada peratuan tersebut tertulis di pasal dua bahwa ada larangan sementara untuk orang asing memasuki atau transit di wilayah Indonesia. Hal itu pula yang membuat Shin Tae-yong mungkin belum kembali ke Indonesia.

Baca Juga:

Permintaan Anggaran Kemenpora untuk 2021 Disetujui DPR RI

Menpora Berharap Olahraga Tradisional Bisa Diterima Milienial

"Seandainya Shin Tae-yong terhalang peraturan tersebut, kami akan membantu dengan senang hati," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S. Dewa Broto di Graha BIP, Jakarta, Rabu (8/7).

"Saya kemudian berkomunikasi dengan Deputi 1 Gugus Tugas COVID-19, apakah peraturan itu masih berlaku, ternyata masih. Lalu saya berkomunkasi dengan Pak Iwan dan beliau terkejut," imbuh Gatot.

"Saya khawatir kalau hanya lihat judul peraturan itu saja, memang mengagetkan. Tulisannya larangan sementara. Namun kalau dilihat rinciannya, di bawah itu, menteri atau lembaga punya diskresi untuk membantu," pungkasnya.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong memang diminta oleh PSSI untuk kembali ke Indonesia sejak awal Juli lalu. Namun sampai saat ini sang pelatih belum menampakan batang hidungnya di Indonesia.

Bahkan PSSI kembali memberikan deadline kepada mantan pelatih Korea Selatan tersebut agar selambat-lambatnya kembali ke Indonesia pada pertengahan Juli ini.