KemenPUPR Beri Catatan Penting untuk Stadion Surajaya

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 01 November 2022
KemenPUPR Beri Catatan Penting untuk Stadion Surajaya
Pengecekan Stadion Surajaya. (Bolaskor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr) memberikan catatan penting saat menyambangi Stadion Surajaya, Lamongan. Hal tersebut disampaikan staf PUPR BPPW Jawa Timur, Ivan Pratama Setiadi, Senin (31/10).

Langkah cepat Kemenpupr ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, untuk mengaudit seluruh bangunan stadion yang dipakai untuk Liga Indonesia. Ini agar tragedi di Stadion Kanjuruhan tidak terulang kembali.

"Ini kan mulanya di Stadion Kanjuruhan. Kemudian kami dapat instruksi dari pimpinan. Nanti akan ada checklist evaluasi di beberapa stadion. Jadi kebetulan kami di Jawa Timur akan ada enam stadion termasuk di Lamongan," bukanya.

Baca Juga:

David da Silva: Kompetisi Harus Lanjut karena Sepak Bola Sumber Hidup Kami

Berpisah Sejak Maret 2022, Marco Motta Sebut Persija Jakarta Bagian dari Hidupnya

Untuk awalan, mereka melakukan checklist dari data-data terlebih dahulu seperti administrasi dan strukturnya. Tetapi, Ivan dan timnya yang juga melakukan pengamatan secara visual dan menemukan beberapa bagian yang perlu direnovasi.

"Kami tidak bisa menentukan secara langsung seperti apa (layak atau tidak). Tetapi ada beberapa dari struktur yang kita temukan yang tidak memenuhi syarat. Ada kolom yang pecah, beton yang keropos dan besi yang korosi. Kami sudah catat per section juga," jelas Ivan.

Walau begitu, Ivan tak bisa melakukan tindakan apapun untuk saat ini. Sebab, hasil evaluasi yang mereka lakukan ini bakal diserahkan ke PUPR pusat untuk dikaji lebih lanjut sebelum dirumuskan menjadi sebuah kebijakan.

"Sebenarnya kalau untuk timeline stadion di seluruh Indonesia jadi bukan cuma di Lamongan saja, itu sampai minggu keempat Desember. Dari timeline itu ada inspeksi lapangan, pengumpulan data-data kemudian ada analisa dengan expertise terkait," tandasnya.

Setelah dari markas Persela Lamongan, Kementerian PUPR bakal meneruskan safari ke lima stadion lain di Jatim yakni Stadion Ratu Pamellingan Madura, Stadion Petrokimia Gresik, Stadion Joko Samudro Gresik, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, dan Stadion Brawijaya Kediri. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Lamongan)

Stadion surajaya Liga 2 Persela lamongan
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan