BolaSkor.com – Setiap klub sepak bola pastilah mengalami sebuah fase di mana mereka bisa berada di atas dan di kemudian hari berada di titik nadir terendah. Bayern Munchen, Real Madrid, dan Manchester United mengalaminya musim ini.

Sempat berada di masa kejayaan di masa lalu, ketiga klub besar dan bersejarah Eropa itu tengah kesulitan saat ini. Bayern bahkan mengalami kemunduran dengan catatan statistik kelam yang pernah terjadi 24 tahun lalu atau tepatnya di tahun 1994.

Segalanya tidak berjalan baik bagi juara bertahan Bundesliga enam kali beruntun itu. Di kala mereka harus memangkas jarak tujuh poin dari Borussia Dortmund, pemuncak klasemen Bundesliga, Bayern malah gagal meraih kemenangan ketika sudah unggul 3-0 melawan Fortuna Dusseldorf di pekan 12 Bundesliga.

Alih-alih mengamankan tiga poin ketika unggul 3-1 via gol Niklas Sule dan dua gol Thomas Muller, hat-trick Dodi Lukebakio menggagalkan kemenangan Bayern di Allianz Arena. Ini artinya, Bayern sudah empat kali beruntun tidak pernah meraih kemenangan di laga Bundesliga yang berlangsung di Allianz Arena – pertama sejak tahun 1994.

Rinciannya adalah; imbang 1-1 dengan FC Augsburg (26/09), kalah 0-3 dari Borussia Monchengladbach (6/10), imbang 1-1 dengan SC Freiburg (3/11), dan teranyar imbang lagi dengan skor 3-3 kontra Dusseldorf (24/11).

Kemunduran Bayern yang masih beradaptasi dengan filosofi sepak bola Niko Kovac juga terlihat dari catatan clean sheets. Mereka telah melalui delapan laga tanpa pernah mampu menjaga gawangnya dari kebobolan dan ini jadi yang terparah sejak 2000, ketika mereka kebobolan 12 gol.

Manuel Neuer, kapten dan kiper andalan Bayern, jadi kambing hitam karena performanya dianggap menurun. Dusseldorf hanya mencetak tiga gol dari lima peluang tepat sasaran yang mereka buat. Total, Neuer ‘membiarkan’ 14 gol dari 17 percobaan tembakan lawan ke gawangnya.

Jika ada satu catatan positif bagi Bayern di laga itu adalah performa Thomas Muller yang sudah mulai membaik dengan dua golnya.

Plus, bagi Dodi (nama yang cukup sering digunakan di Indonesia), striker Dusseldorf asal Belgia jadi pemain pertama sejak Ebbe Sand, di tahun 2001 dengan Schalke, yang mencetak hat-trick ke gawang Bayern di Bundesliga.

Bayern kini ada di peringkat lima klasemen dengan raihan 21 poin dan terpaut sembilan poin dengan Dortmund yang ada di puncak klasemen. Jalan sangat terjal bagi sang juara bertahan.