Kenalan dengan Asal-usul Lambang Klub LaLiga

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 20 Juli 2022
Kenalan dengan Asal-usul Lambang Klub LaLiga
Bendera Barcelona (FC Barcelone)

BolaSkor.com - Lambang klub sepak bola adalah salah satu bagian penting dari identitasnya. Pertanyaan menariknya adalah apa cerita di balik lambang klub tersebut? Inilah asal-usul untuk semua lambang tim LaLiga 2022-2023.

Athletic Bilbao

Athletic Bilbao membuat lambang klub mereka saat ini pada tahun 1941, tetapi mereka terpaksa mengubah nama mereka menjadi Atlético Bilbao setelah semua nama non-Spanyol dilarang. Baru pada tahun 1970 klub memulihkan nama Athletic Club yang berbahasa Inggris.

Lambang klub ini menggabungkan lambang Bilbao dan Biscay, mengambil jembatan dan gereja Antonius Agung dari perisai Bilbao, serta serigala dari keluarga Haro yang kuat, pohon Guernica dan salib Santo Andreas dari perisai Biscay.

Atletico Madrid

Pada tahun 1903, lambag Atlético Madrid meniru perisai klub Athletic Bilbao, dan baru pada tahun 1917 klub asal Madrid ini akhirnya memiliki lambang klub sendiri. Lambang kota Madrid, dengan beruang yang membentang ke pohon stroberi, adalah dasar dari lambang baru Atlético Madrid. Garis-garis merah dan putih menjadi warna pilihan klub setelah pemiliknya membeli bahan termurah yang bisa mereka temukan.

Ini ternyata menjadi strip merah dan putih, dari mana kasur dibuat, dan tim itu kemudian dijuluki The Mattress Makers. Tujuh bintang berasal dari bendera Komunitas Madrid, yang melambangkan tujuh bintang dari konstelasi Ursa Major, yang terletak di atas pegunungan Guadarrama, mendominasi langit wilayah tersebut.

CA Osasuna

Dibentuk pada tahun 1920, lambang klub mencerminkan warna seragam mereka: atasan merah yang dipasangkan dengan celana pendek biru tua. Kata Osasuna berarti “Kesehatan” dalam bahasa Basque, dan dapat diartikan pula sebagai “kekuatan”, yang menjelaskan keberadaan singa di perisai.

Mahkota yang berada di atas puncak melambangkan lambang Kerajaan Navarre kuno, wilayah tempat mereka berada. Selanjutnya, rantai yang melingkari singa berasal dari perisai Navarre.

Cadiz CF

Lambang Cádiz CF menggunakan segitiga terbalik, seperti yang juga digunakan oleh SCD Mirandilla, nama klub sebelum berganti menjadi Cádiz CF. Selain menggunakan warna klub kuning dan biru, lambang Cádiz CF juga menampilkan dewa Yunani Hercules dan dua singa, seperti lambang kota, di samping mahkota yang juga mewakili kota.

Baca Juga:

Terungkap, PSG dan Chelsea Berusaha Bajak Transfer Robert Lewandowski

Lewandowski Datang, Barcelona Punya Peluang Besar Menangi LaLiga

Menilik Alasan Barcelona Bisa Jor-joran Beli Pemain meski Dililit Utang

Elche CF

Lambang Elche CF dibagi secara horizontal menjadi tiga bagian dengan tiga simbol: matron Romawi, gerbang kota, dan altar. Ini adalah simbol kota Elche dan lambang klub didasarkan pada lambang kotamadya kota. Anda juga dapat melihat, di bawah altar, sebuah garis hijau, seperti yang ada di seragam klub yang dijuluki Los Franjiverdes, merujuk ke garis hijau itu.

Barcelona

Penggemar Inggris akan penasaran dengan bagian kiri atas lambang FC Barcelona, yang berisi Salib Saint George. Ini mewakili santo pelindung Catalonia dan juga hadir di lambang kota Barcelona. Bagian kanan atas adalah bendera Catalan, sedangkan di bagian bawah lambang menampilkan warna klub dan bola.

Getafe CF

Seperti kebanyakan klub, lambang Getafe CF sama dengan lambang kota, dengan gambar bola di bagian atas. Lambang kota dibagi secara vertikal menjadi dua bagian yang sama dan mewakili dua karakteristik terpenting dari distrik Madrid.

Bagian kiri berisi hati di tengah salib Latin, mewakili Hati Kudus Yesus, sedangkan bagian kanan berisi pola pesawat yang merujuk ke Pangkalan Angkatan Udara di dekatnya. Mahkota kerajaan Spanyol berada di puncak lambang dan melambangkan kesetiaan kota Getafe kepada Kerajaan Spanyol.

Girona FC

Setelah berhasil kembali ke LaLiga Santander, Girona FC meluncurkan lambang baru, yang menggabungkan elemen-elemen yang dianggap paling penting oleh anggota klub. Ini adalah bendera Catalan, warna merah dan putih, nama klub, dan perairan yang mewakili kota.

Rayo Vallecano

Bagian paling mencolok dari emblem Rayo Vallecano adalah tanda petir di tengahnya. Ini adalah simbol klub, karena kilatan petir adalah bagian dari nama institusi dan juga muncul di semua baju tim. Juga hadir pada lambang klub adalah lambang Vallecas dan huruf RVM untuk Rayo Vallecano de Madrid.

RC Celta

Seperti banyak klub Galicia, lambang RC Celta didasarkan pada salib merah Santiago. RC Celta diberikan perlindungan kerajaan oleh Raja Alfonso XIII, oleh karena itu mereka menggunakan mahkota di lambang klub.

Selama pemerintahan Republik Spanyol Kedua, gelar kerajaan telah dihapus dari nama dan mahkota kerajaan dihapus dari lambang, sebelum dikembalikan beberapa tahun kemudian.

RCD Espanyol

RCD Espanyol memiliki lambang sederhana, menampilkan warna klub mereka di bagian depan dan tengah. Tim yang berbasis di Barcelona ini awalnya bermain dengan warna kuning cerah sebelum berubah menjadi biru dan putih pada tahun 1910.

Warna tersebut dipilih sebagai penghormatan kepada perisai Roger dari Lauria, laksamana Sisilia-Aragon yang mengarungi Laut Mediterania untuk melindungi Kerajaan Aragón di Abad Pertengahan.

RCD Mallorca

Didirikan pada tahun 1916, RCD Mallorca berbasis di Palma di Kepulauan Balearic dan menampilkan mahkota pada lambang mereka, yang menunjukkan perlindungan kerajaan yang mirip dengan banyak klub LaLiga Santander lainnya. Warna-warna cerah di puncak dapat dijelaskan dengan julukan mereka, The Vermilions.

Real Betis

Lambang Real Betis benar-benar unik karena bentuknya yang tidak biasa. Real Betis dulu bermain dengan warna biru dan putih, tetapi salah satu pendiri mereka – Manuel Ramos Asensio – telah menjalin hubungan di Skotlandia dan berhasil mengamankan warna hijau dan putih dari Glasgow Celtic untuk timnya sendiri, menjelaskan warna klub.

Huruf monogram bergaya yang berada di tengah logo melambangkan Betis Balompié dan mahkota melambangkan perlindungan kerajaan yang diberikan oleh Raja Alfonso VIII pada tahun 1914.

Real Madrid

Lambang pertama memiliki desain sederhana yang terdiri dari jalinan dekoratif dari tiga inisial klub – MCF, untuk Madrid Club de Fútbol – berwarna biru tua dengan latar belakang putih.

Ketika Raja Alfonso XIII memberikan perlindungan kerajaan kepada klub pada tahun 1920, namanya menjadi Real Madrid dan mahkota Alfonso ditambahkan ke lambang klub.

Real Sociedad

Warna biru dan putih Real Sociedad memberi penghormatan kepada bendera resmi kota San Sebastián: balok biru dengan latar belakang putih. Mereka pun diberi julukan Los Txuriurdin, yang berarti biru dan putih. Mahkota, yang menghiasi ikon bola, ditambahkan setelah Raja Alfonso XIII memberikan perlindungan kepada klub.

Real Valladolid

Seperti halnya dengan beberapa klub LaLiga Santander, Real Valladolid memiliki patronase kerajaan, oleh karena itu mereka menggunakan mahkota besar di lambang klub. Ada perubahan baru-baru ini pada lambang, karena klub kembali ke lambang yang mirip dengan tahun pendirian mereka tetapi dengan garis yang lebih sederhana dan lebih bulat. Itu masih berisi lima api, yang merupakan pengingat kebakaran yang melanda kota pada tahun 1561.

Sevilla

Sejak klub didirikan, Sevilla FC telah menggunakan lambang dengan dua garis lengkung di bagian atas, dengan huruf SFC di bagian dalam. Perisai dibagi menjadi tiga bagian dan bersama-sama mereka membentuk siluet hati. Tiga tokoh – Raja Ferdinand III dari Kastilia, Uskup Agung Isidore, dan Leander dari Seville – adalah orang-orang kudus Kristen yang digambarkan pada lambang kota.

UD Almeria

Lambang UD Almería memiliki struktur yang sederhana, dengan nama yang dieja, termasuk UD untuk Unión Deportiva. Ada juga ikon bola di depan latar belakang garis-garis merah dan putih, yang merupakan warna tim. Sosok manusia merujuk pada Indalo, sosok batu yang terkenal di wilayah tersebut, dan oleh karena itu, menjadi simbol provinsi dari Almería.

Valencia CF

Lambang Valencia CF menampilkan kelelawar ikonik yang berada di puncak lambang. Kelelawar diperkirakan berasal dari tahun 1238, ketika Raja James I dari Aragón berjuang untuk merebut kembali Valencia dari bangsa Moor.

Dongeng mengatakan bahwa, ketika Raja memasuki kota yang baru dibebaskan, kelelawar terbang dari langit dan mengepak di depannya, yang dianggap sebagai berkah, dan setelah itu kelelawar melebarkan sayapnya di seluruh kota Valencia. Garis-garis di bagian bawah lambang adalah garis-garis yang sama dari bendera Komunitas Valencia.

Villarreal CF

Lambang Villarreal CF saat ini menggabungkan warna klub, biru dan kuning, dengan bendera merah dan kuning wilayah tersebut. Mahkota di atas mencerminkan asal usul kerajaan kota, yang didirikan oleh Raja James I dari Aragón pada tahun 1274. Versi lambang saat ini telah digunakan terus menerus sejak musim 1966/67.

LaLiga Breaking News Real Madrid Barcelona
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.507

Bagikan