BolaSkor.com - Eks pebulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir, mengenang mantan pasangannya, Tontowi Ahmad, saat memenangi Olimpiade 2016. Liliyana menyebut Tontowi sebagai sosok yang tidak pernah mengeluh.

Performa Tontowi/Liliyana sempat menurun menjelang Olimpiade 2016. Bahkan, saat turnamen berlangsung mereka hanya berada di unggulan ketiga di bawah Zhang Nan/Zhao Yunlei dan Ko Sung-Hyun/Kim Ha-Na.

Apalagi Tontowi/Liliyana secara mengejutkan tersingkir cepat pada All England yang sudah tiga kali mereka menangi. Munculnya Praveen Jordan/Debby Susanto membuat keduanya sempat merasa minder.

Baca Juga:

Tontowi Ahmad Ingatkan Praveen Jordan soal Keledai

Ikuti Tontowi Ahmad, Sony Dwi Kuncoro Ceritakan Pengalaman Didegradasi PBSI

Akan tetapi, menurut Liliyana, Tontowi justru cuek menanggapi hal tersebut. Pria yang baru saja mengumumkan pensiun itu melahap berbagai latihan.

"Waktu itu ekspektasi orang sedang tinggi dan kami terpuruk. Sebelum Olimpiade hanya satu kali meraih gelar. Saya dan Tontowi tidak marah, tapi ya tidak ribut, tidak akur juga, seperti perang dingin," kenang Liliyana.

"Waktu itu kami berpikir apa posisi kami sudah terganti dengan Praveen/Debby? Namanya persaingan, akhirnya saya dan Tontowi sama-sama menurunkan ego. Kami tidak menjamin juara, tetapi setidaknya lebih baik."

"Tontowi itu di luar lapangan cuek dan tidak pernah mengeluh meski latihannya berat, dia menjalani dengan komitmen. Saat Olimpiade, dapat emas awalnya tidak mungkin, tetapi bisa terwujud," tambahnya.

Tontowi/Liliyana merupakan salah satu pasangan campuran terbaik yang dimiliki Indonesia. Selain Olimpiade 2016 dan All England, keduanya pernah memenangi Kejuaraan Dunia.