BolaSkor.com - Pelatih Ganda Campuran Indonesia, Richard Mainaky, mengenang pengalamannya selama melatih Tontowi Ahmad. Richard menyebut suka duka hingga Tontowi menjadi juara Olimpiade 2020.

Tontowi mengumukan pensiun dari dunia bulu tangkis melalui akun media sosialnya, Senin (18/5). Sebelumnya kabar mengenai pebulu tangkis yang akrab disapa Owi itu sudah santer sejak awal 2020.

Dalam unggahan tersebut, Owi menyebut masih ada beberapa turnamen yang harus dilakoni. Selain itu, mantan pasangan Liliyana Natsir tersebut mengaku akan berbicara dengan sponsor.

Richard yang menggembleng Owi mengaku sudah menerima pesan mengenai pensiunnya. Richard pun mengungkapkan kesulitan yang sempat dilalui saat melatih Owi.

Baca Juga:

Tontowi Ahmad Pamit dari Bulu Tangkis

PBSI Pastikan Staff dan Pelatih Sudah Terima THR Penuh

"Memang sulit, dia waktu saya ambil cuma punya satu kharisma ukup bagus. Bola atas dia punya prospek yang baik, tetapi sulit membentuk kakinya yang sangat lemah," kata Richard.

"Sulit membentuknya, dengan kesulitan itu membuat saya semangat dan pantang menyerah. Owi berkemauan keras, saya latih dilahap semua. Dia punya ambisi yang kuat."

"Kalau dilihat dari prestasi sangat puas. Karena dari Trikus, Nova, Vita, Liliyana, sampai terakhir Owi itu, mereka menyempurnakan prestasi yang sudah diraih. Akhirnya mereka memenangi medali emas Olimpiade 2016," lanjutnya.

Berbagai prestasi diraih oleh Tontowi Ahmad selama berkarier di dunia bulu tangkis. Termasuk di antaranya adalah All England, Olimpiade 2016, dan Kejuaraan Dunia.