BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong punya kenangan bersama Diego Armando Maradona. Kenangan sebagai lawan dan rekan setim tentu tak terlupakan.

Sebagai lawan, Shin Tae-yong berhadapan dengan Maradona pada 30 September 1995. Tepatnya di Stadion Utama Jamsil atau Stadion Olimpiade Seoul.

Shin Tae-yong memperkuat Timnas Korea Selatan, sementara Diego Maradona tampil bersama Boca Juniors. Pertandingan juga dihadiri Presiden dua negara saat itu, masing-masing Kim Young-sam dan Carlos Saul Menem.

Baca Juga:

Diego Maradona yang Terselip di Nama Striker Persija Jakarta

Maradona Sempat Ingin Latih Timnas Indonesia

Laga ini menjadi momen penting bagi Maradona selepas menjalani skorsing selama 15 bulan karena penggunaan efedrin, obat yang dilarang FIFA pada Piala Dunia 1994.

Penyiar KBS saat itu menyebut," Diego Maradona merupakan sebuah keajaiban abadi. Maradona menyentuh lapangan lagi setelah 15 bulan sejak Piala Dunia di Amerika Serikat, sekaligus memamerkan keterampilan dan masa jayanya dengan operan indah".

Shin Tae-yong mencoba menghalau Diego Maradona. (Twitter OptaJoon)

Shin Tae-yong dalam sebuah gambar juga terlihat kesulitan menghadang Diego Maradona. Ia juga tampak terpukau dengan aksi Si Tangan Tuhan.

Maradona menjadi aktor gol pertama Boca Juniors, lewat umpan sepak pojok yang ditanduk rekan setim MacAllister pada menit ke-42. Korea Selatan sempat menyamakan kedudukan lewat sundulan Ha Seok-ju, sebelum Alzuri membawa Boca Juniors menang 2-1.

"Secara khusus, Maradona membuktikan perkataannya bahwa meskipun berusia 36 tahun, ia berlari tanpa istirahat selama 88 menit hingga digantikan," sambung penyiar KBS.

Adapun kenangan sebagai rekan terjadi pada 14 Maret 2017. Shin Tae-yong satu tim dengan Maradona dalam sepak bola mini 5 lawan 5. Tim lain menampilkan Pablo Aimar, di mana Laga Legenda digelar di depan Hwaseong Haenggung Palace di Suwon, Gyeonggi-do.

Maradona datang ke Korea Selatan untuk meramaikan agenda FIFA, yakni pengundian grup yang sedianya dilakukan 15 Maret 2017.

Baca Juga:

Kenangan Bambang Nurdiansyah dengan Maradona di Piala Dunia U-20, Sulit Berfoto

Kisah Mundari Karya Tak Boleh Kasar dengan Maradona di Piala Dunia U-20

Shin Tae-yong memeluk Diego Maradona. (Joins)

Shin Tae-yong mendapat tos juga pelukan dari Maradona. Itu setelah legenda sekaligus ikon sepak bola dunia itu mencetak gol. Yang menarik Maradona juga mencoba mencetak gol dengan tangan, namun tak berhasil.

"Idola sepak bola, Maradona dan Aimar datang dan mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2017 di Korea. Ia memberi kami kekuatan untuk meraih hasil bagus di Piala Dunia," kata Shin Tae-yong yang saat itu merupakan pelatih Timnas Korea Selatan U-20.