Kenapa Kiev Menjadi Tuan Rumah Final Liga Champions?

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 25 Mei 2018
Kenapa Kiev Menjadi Tuan Rumah Final Liga Champions?
Terdapat sejumlah masalah di balik penunjukkan Kiev sebagai tuan rumah Liga Champions. (UEFA)

BolaSkor.com - Banyak suporter Real Madrid dan Liverpool yang mempertanyakan alasan UEFA memilih Stadion NSC Olimpiyskiy di Kiev sebagai tempat penyelenggara final Liga Champions 2017-2018. Padahal, Kiev terletak sangat jauh untuk tim Eropa barat dan sangat sulit untuk mengatur akomodasi di sana.

Kiev terbukti sangat sulit untuk dijangkau. Presiden UEFA, Aleksander Cafein mengakui lebih dari 1.000 suporter Los Blancos mengembalikan tiket. Sementara itu, lebih dari 2.5000 kursi belum terjual hingga Kamis sore.

Sedikit kembali ke belakang, Kiev dipilih menjadi tuan rumah final Liga Champions pada era Michale Platini. Ketika itu, Platini memiliki misi untuk mempromosikan Liga Champions ke seluruh daratan Eropa. Satu di antaranya adalah dengan memilih tuan rumah final Liga Champions di negara yang tak memiliki wakil yg dominan di kompetisi tersebut.

Pada sisi lain, ide Platini tersebut bertentangan dengan pemikiran Cafein. Menurutnya kota yang ditunjuk sebagai penyelenggara harus memiliki sitem keamanan yang baik, akomodasi yang mudah serta penginapan yang memadai, dan semua itu sulit ditemukan di Kiev.

Sebagai bukti, 1.000 suporter Liverpool terancam tidak dapat melihat pertandingan secara langsung akibat masalah otoritas penerbangan Kiev. Pesawat yang ditumpangi suporter The Reds dianggap bermasalah dalah hal ukuran.

Lebih parahnya, suporter Liverpool yang talah berada di Kiev justru menjadi korban penyerangan dari beberapa orang yang menggunakan topeng. Media setempat mengabarkan penyerangan tersebut didalangi oleh suporter lokal yang memang terkenal brutal.

Selain itu, jika tujuan memilih Kiev adalah sebagai sarana promosi Liga Champions, hal itu salah besar. Sebab, masyarakat Kiev akan kesulitan untuk membeli tiket final yang berkisar 70 hingga 6.700 euro. Padahal, rata-rata gaji masyarakat Kiev perbulan hanya 300 euro.

Final liga champions Real Madrid Liverpool
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan