BolaSkor.com - Timnas Indonesia dari level junior hingga senior yang ditangani Shin Tae-yong belum bisa mengalahkan Thailand dan Vietnam.

Di level U-19, Shin Tae-yong hanya bisa membawa Garuda Muda menahan imbang Thailand dan Vietnam tanpa gol. Ini terjadi di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, beberapa waktu lalu.

Di level U-23, Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Vietnam 0-3, pada babak penyisihan grup SEA Games 2021, Mei 2022 lalu. Lalu Skuat Garuda Muda takluk 0-1 dari Thailand di babak semifinal.

Di level senior, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 lawan Vietnam di babak penyisihan Piala AFF 2020, akhir tahun 2021 lalu. Kemudian, Skuat Garuda Muda kalah (0-4) dan imbang (2-2) di final.

Baca Juga:

Indonesia Bersaing dengan Australia, Korea Selatan, dan Qatar Menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Elkan Baggott Starter dan Main Penuh, Gillingham FC Akui Keunggulan Portsmouth

Lalu apa alasan Shin Tae-yong belum bisa membawa Indonesia menang atas Thailand dan Vietnam?

“Sebetulnya masalahnya simple saja, karena ada jinx (nasib sial). Kita harus lebih kuat mental. Memang sekarang juga dalam tahap berusaha agar menjadi lebib baik lagi. Apalagi U-20 lebih baik dari senior. Kalau U-20 memang sudah terlihat lebih kuat mentalnya,” kata Shin Tae-yong dalam wawancara di akun YouTube Sport77 Official.

“Tetapi perlunya sekarang menanamkan mental yang baik kepada Timnas Senior. Setelah itu, pasti bisa bersaing lebih baik lagi lawan Vietnam, Thailand, dan Malaysia,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.