BolaSkor.com - Timnas Thailand berpotensi tanpa pemain terbaiknya di Piala AFF 2020. Pemain andalan yang berkiprah di negara sendiri seperti di Thai League 1 kemungkinan tidak akan ikut serta.

Bentroknya jadwal, antara Thai League 1 dengan Piala AFF menjadi sebab. Thai League direncanakan berlanjut sejak 12 September 2020 hingga Mei 2021. Adapun Piala AFF 2020 akan digelar 23 November sampai 31 Desember 2020.

Sekjen Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), Patit Supaphong, menegaskan bahwa liga tak akan dihentikan. Liga tetap prioritas, karena penyelenggaraannya sudah kena imbas pandemi virus corona (COVID-19).

Baca Juga:

Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Kemungkinan Beruji Coba Melawan Irak

Timnas Thailand Kesulitan Cari Lawan Pemanasan Sebelum Hadapi Indonesia

"Liga Thailand tidak akan menghentikan kompetisi untuk Piala AFF karena sudah berhenti dalam waktu lama. Terlebih pada Oktober, November, akan ada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia. Jika Desember dihentikan, liga molor dua bulan lagi dan klub akan menanggung biaya besar," jelasnya.

Pemain yang berkarier di luar negeri juga berpotensi absen seperti Chanathip Songkrasin, Kawin Thamsatchanan (Consadole Sapporo), Theerathon Bunmathan (Yokohama F. Marinos), Teerasil Dangda (Shimizu S-Pulse). Mengingat Piala AFF 2020 bukan agenda FIFA dan klub tidak punya kewajiban melepas pemain.

Para andalan Timnas Filipina yang juga bermain di Thai League seperti Iain Ramsay, Daisuke Sato, Alvaro Silva kemungkinan absen. Termasuk penggawa Timnas Indonesia Rudolof Yanto Basna yang tercatat sebagai penggawa PT Prachuap.

Adapun kiper Timnas Vietnam yang membela Muangthong United juga diperkirakan tidak akan ambil bagian di Piala AFF 2020.