BolaSkor.com - Tim Nasional Slovakia mengawali kiprahnya di Piala Eropa 2020 dengan kemenangan. Milan Skriniar dan kawan-kawan mampu membuat Robert Lewandowski dan skuat Polandia tak berkutik.

Bermain di Krestovsky Stadium, Senin (14/6), Slovakia menang dengan skor tipis 2-1. Hasil ini membuka negeri pecahan Cekoslowakia itu lolos ke fase gugur.

Dua gol Slovakia disumbangkan bunuh diri Wojciech Szczesny (18') dan sepakan Milan Skriniar (69'). Sementara Polandia hanya mampu membalas sekali melalui aksi Karol Linetty di awal babak kedua.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa 2020 Hari Ini: Prancis Vs Jerman dan Hungaria Vs Portugal Live RCTI

Hasil Grup E Piala Eropa 2020: Slovakia Pesta, Spanyol Berbagi Angka

Kans Robert Lewandowski Mati Kutu di Hadapan Slovakia

Robert Lewandowski gagal melepaskan satu pun tembakan ke arah gawang Slovakia.

Hasil cukup mengejutkan karena Polandia lebih diunggulkan. Apalagi Paulo Sousa juga menguasai permainan.

Keberadaaan Lewandowski sebagai ujung tombak harusnya menjadi jaminan gol bagi Polandia. Namun Slovakia tampaknya sudah mengantisipasi hal ini.

Pelatih Slovakia, Stefan Tarkovic secara jujur memang mempersiapkan strategi khusus untuk meredam ketajaman Lewandowski. Hal itu membuatnya benar-benar puas.

“Kami berhasil menetralisir Lewandowski dan mencetak gol pada saat yang sama. Lewandowski memainkan peran yang menentukan di sepertiga terakhir lapangan, jadi penting untuk membuatnya tetap di luar kotak," kata Tarkovic usai pertandingan.

Lewandowski bermain penuh dalam laga kontra Slovakia. Namun penyerang Bayern Munchen itu hanya menyentuh bola sebanyak 37 kali.

Jumlah tersebut merupakan yang paling sedikit dari semua pemain lapangan. Lewandowski juga tidak mampu sekali pun melakukan tembakan ke arah gawang.

"Lewandowski adalah salah satu yang terbaik, jika bukan striker terbaik di dunia. Kami mempersiapkan diri dengan baik untuknya dan bekerja dengan baik sebagai sebuah tim hari ini," tambah pencetak gol kemenangan Slovakia, Skriniar.

Polandia Terancam

Kekalahan atas Slovakia membuat peluang Polandia untuk melaju ke fae gugur menipis. Itu karena mereka akan berhadapan dengan Swedia dan Spanyol pada dua laga sisa di grup E.

Situasi sulit ini disadari betul oleh Lewandowski. Namun ia akan berusaha tampil lebih baik di pertandingan selanjutnya demi menjaga peluang Polandia.

“Kami kalah dari lawan yang secara teoritis terlemah di grup, yang menempatkan kami di posisi yang sulit. Namun kami akan melakukan segalanya untuk tampil lebih baik di pertandingan berikutnya," ” kata Lewandowski kepada TVP.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini