BolaSkor.com - Kepulauan Mariana Utara, sebuah wilayah persemakmuran Amerika Serikat yang letaknya di Samudera Pasifik, sebelah timur Laut Filipina. Terdiri dari 14 pulau, Kepulauan Mariana Utara bukanlah negara merdeka, namun punya ambisi besar tercatat di dunia, dalam sepak bola.

Kepulauan Mariana Utara saat ini kembali akrab di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Tak lain karena menjadi salah satu lawan Timnas Indonesia U-16 di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 selain China, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Kepulauan Mariana Utara bukan lawan kuat. Timnas-nya punya rekor buruk di sepak bola, khususnya usia muda jika ditarik ke belakang. Tim bulan-bulanan lawan kerap disandang Kepulauan Mariana Utara.

Baca Juga: Pelatih Timnas Kepulauan Mariana Utara U-16 Kenang Kekalahan 0-18 dari Indonesia

Di Kualifikasi Piala Asia U-16 2014, Kepulauan Mariana Utara digilas China 0-14, Korea Utara 0-18, dan Myanmar 0-5. Sementara di Kualifikasi Piala Asia U-16 2016, mereka juga disikat habis. Kekalahan 0-8 dari Timor Leste, 0-13 dari Malaysia, 0-5 dari Laos, dan 2-9 dari Filipina jadi bukti Kepulauan Mariana Utara jauh untuk diperhitungkan.

Kekalahan begitu telak belum berubah di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, di mana Kepulauan Mariana Utara digebuk Indonesia 0-18, Thailand 0-10, Laos 0-10, dan Timor Leste 1-11.

Timnas Indonesia U-16 saat mengalahkan Kep. Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. (AFC)

Prestasi Bukan Target Utama

Kekalahan telak tak terlalu dipersoalkan, justru dimaklumi. Mengingat pengembangan masih menjadi fokus utama. Northern Mariana Islands Football Association (NMIFA) masih menggeber hal tersebut, sejak terbentuk pada 2005.

Kompetisi demi pertumbuhan akar rumput, terstruktur dijalankan. NMIFA punya empat kompetisi usia muda, yakni U-13 A Coed Division dengan enam tim, U-15 Boys Division dengan enam tim, U-16 Girls Division dengan tujuh tim dan U-18 Boys Division dengan lima tim.

Sementara di level senior, kategori pria dan wanita masing-masing memiliki dua kasta. Liga wanita divisi pertama diikuti lima tim, sementara level di bawahnya diikuti enam tim. Sementara tujuh tim berlaga di divisi pertama putra, sedangkan enam tim di divisi kedua.

Baca Juga: Jadi Lawan Pertama Timnas Indonesia U-16, Pelatih Filipina Sampaikan Pengakuan

Keanggotaan di East Asian Football Federation (EAFF) dan AFC dimaksimalkan NMIFA. Mereka mengirim tim ke ajang yang digelar EAFF atau AFC, seperti AFC Challenge Cup, AFC U-14 Girls Championship wilayah Asia Timur, termasuk Kualifikasi Piala Asia U-16. Bantuan pun didapat.

NMIFA juga menggelar kursus pelatih untuk menunjang proses pembinaan. Pada 2018, kursus C AFC diselenggarakan. Sementara tiga pelatihnya dikirim ke Guam untuk mengikuti kursus B AFC.

Teranyar pengurus NMIFA Ruselle Zapanta jadi Match Commissioners AFC setelah menyelesaikan AFC Match Commissioner Seminar di Kamboja 30 Juli sampai 1 Agustus 2019. Ruselle Zapanta yang menjadi instruktur belakangan telah memunculkan 11 orang bersertifikat wasit sepak bola.